Fakta Sejarah Dibalik K-Drama Scarlet Heart Ryeo

Vallesca Souisa | 11 Oktober 2016 | 19:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - SBS kini tengah mengeluarkan serial drama klasik dengan bumbu percintaan Scarlet Heart Ryeo atau di Korea dikenal dengan Moonlovers: Scarlet Heart Ryeo. Dibintangi oleh Lee Joon Ki, Kang Hae Nul, dan IU.

Kendati pada episode-episode awal, drama berlatar belakang sejarah ini ratingnya masih kalah dengan serial klasiknya Park Bo Gum, Moonlight Drawn By Clouds, memasuki episode 12, rating Scarlet Heart Ryeo berhasil menduduki posisi 3.

Bersaing ketat dengan Moonlight Drawn By Clouds dan menjadi drama paling ditunggu-tunggu setiap Senin-Selasa. Sementara di Cina drama ini menduduki rating nomor 1. Scarlet Heart Ryeo berkisah tentang gadis dari abad 21, Ko Ha Jin (IU) yang karena sebuah kecelakann, tak sadarkan diri, dan  terbangung di abad ke-9, pada masa dinasti Goryeo.

Di masa kerajaan Goryeo ini, Ko Ha Jin berada di tubuh gadis keturunan bangsawan bernama Hae Soo. Di sini ia bertemu dengan 7 pangeran dan berteman akrab. Hae Soo mulanya jatuh cinta dengan kelembutan dan kearifan pangeran ke-8 Wang Wook (Kang Hae Nul). Namun ambisi membuat Wang Wook berubah menjadi pria licik. Sementara di sisi lain, pangeran ke-4 Wang So (Lee Joon Ki) menyukai Hae Soo.

Mulanya Hae Soo tak menyukai Wang So, karena dikiranya Wang So pangeran keji yang menginginkan tahta dan tega membunuh saudara-saudaranya demi tahta – sesuai ramalan. Ternyata sebaliknya. Di balik penampilan luar yang dingin dan keras, Wang So berhati lembut. Perlahan Hae Soo jatuh cinta pada Wang So. Tentu saja intrik politik dan perebutan kekuasaan mendominasi drama ini. Kisah ini sendiri diadaptasi dari novel Tionghoa Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua.  Pernah dibuat serialnya di Cina, tahun 2012, berjudul Bu Bu Jing Xin.  

Akankah cinta Wang So dan Hae Soo bersatu di tengah konflik politik kerajaan? Netizen sibuk menelusuri fakta sejarahnya. Pangeran ke-4 Wang So adalah tokoh nyata dan dalam catatan sejarah menjadi Raja ke-4 dinasti Goryeo. 

Raja Taejo

Raja Taejo dari Goryeo, diperankan oleh Joo Min Ki, sejatinya memang Raja pertama dari kerajaan Goryeo yang memerintah dari tahu 918 – 943. Ia memiliki 3 orang permaisuri dan 27 orang selir. Memiliki total 34 anak, pangeran dan putri, dari permaisuri dan para selirnya. Namun yang menjadi anak kesanyangan Raja adalah pangeran Wang Mu atau Hyeong dan Wang So pangeran ke-4 atau disebut Gwangjong. 

Raja Taejo meninggal karena sakit dan kemudian tahta diteruskan ke putranya Wang Mu. Ini sama seperti yang dituturkan dalam serial Scarlet Heart Ryeo. Namun dalam serial kematiannya menjadi dramatis dan dipenuhi perebutan kekuasaan antara anak-anaknya. Wang Mu ayau Hyejong memerintah hanya 2 tahun karena sakit, kemudian digantikan oleh pangeran ke-3, Wang Yo atau Jeongjon. Di serilanya, Wang Mu diceritakan diracun oleh komplotan Wang Yo, yaitu pangeran ke-9 Wang Won dan pangeran ke-8 Wang Wook.

Pangeran ke-4 Wang So atau Gwanjong

Pangeran ke-4 Wang So, tokoh utama dalam serial ini, diperankan oleh aktor Lee Joon Ki. Pangeran Wang So adalah putra Taejo dari permaisuri Sinmyeongsunseong. Ia satu ibu dengan pangeran ke-3 Wang Yo. Wang So meneruskan tahta kerajaan kakaknya Wang Yo atau Jeongjon, selepas kakaknya ini sakit. 

Dalam serial ia dijuluki si serigala karena dikenal banyak membunuh pemberontak kerajaan atau orang-orang yang diduga menghianati kerajaan. Keras, dingin, dan menyeramkan. Dalam kehidupan nyata dan sejarahnya, Wang So kemudian dikenal sebagai Raja Gwanjong. 

Raja yang memiliki kekuatan politik, disegani, dan keras. Dalam sejarah ia tercatat menikahi  putri Daemok, adik dari pangeran ke-8 Wang Wook dan putri Gyeonghwagung, putri dari Raja ke-2 Wang Mu. Ini dilakukan untuk menjaga garis keturunan. Daemok dalam serial ini kita kenal dengan Yeon Hwa.

Tak ada nama Hae Soo tertera dalam catatan sejarah Wang So atau Gwanjong. Sepertinya, Hae Soo adalah tokoh fiksi yang dibangun sang penulis dalam kisah berlatar belakang sejarah ini.

 

(Val/gur)

 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait