Mengenang Jonghyun SHINee, Ini Profil Sang Vokalis Utama Penuh Bakat

Andira Putri | 21 Desember 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industri musik K-Pop dikejutkan dengan kematian Jonghyun SHINee pada Senin (18/12). Jonghyun SHINee bunuh diri dalam sebuah apartemen daerah Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan.

Sepanjang hidupnya, Jonghyun SHINee dikenal sebagai sosok berbakat. Penyanyi ini lahir dengan nama Kim Jong Hyun di Seoul, Korea Selatan pada 8 April 1990. Jonghyun SHINee merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Jonghyun SHINee tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya sejak kecil.

Awal perjalanan Jonghyun SHINee sebagai penyanyi dimulai pada usia 15 tahun seperti dilaporkan The Straits Times. Pihak agensi SM Entertainment terkesan melihat bakat Jonghyun saat sedang bermain band di sekolah. Jonghyun SHINee lalu menjadi trainee dan belajar menyanyi hingga menari.

Pada tahun 2008, Jonghyun terpilih debut bersama SHINee. Posisinya sebagai vokalis utama. Jonghyun mencuri perhatian dengan suara tingginya saat menyanyikan lagu debut SHINee berjudul Replay.

Popularitas Jonghyun dan SHINee terus menanjak. Puncaknya, mereka merilis lagu berjudul Ring Ding Dong dan Lucifer tahun 2010. Tawaran tampil untuk berbagai acara dan variety show berdatangan. SHINee juga mulai menggelar konser di berbagai negara dunia.

Di samping aktif bersama SHINee, Jonghyun juga mencoba proyek musik sampingan. Jonghyun SHINee bergabung dalam SM The Ballad dan meluncurkan lagu seperti Hot Times tahun 2010 serta Breath tahun 2014.

Jonghyun SHINee pun aktif menciptakan lagu untuk penyanyi lain. Sebut saja A Gloomy Clock untuk IU tahun 2013, Playboy untuk EXO tahun 2015, dan Breathe untuk Lee Hi tahun 2017.

Beberapa lagu ciptaannya menyita perhatian karena berbicara soal depresi. Jonghyun SHINee juga kerap membicarakan hal tersebut dalam berbagai kesempatan. Kondisi depresi menjadi alasan utama Jonghyun SHINee untuk mengakhiri hidupnya.

Sepak terjang Jonghyun SHINee berlanjut lewat karier solo. Jonghyun SHINee debut sebagai solois dengan album Base pada tahun 2015. Album solonya mendulang sukses sama seperti aksinya bersama SHINee.

Jonghyun SHINee kemudian meluncurkan tiga album lagi serta menggelar sejumlah konser di Korea Selatan. Untuk tahun 2018, Jonghyun SHINee sebenarnya direncanakan siap merilis album terbaru. Sayang belum ada kepastian tentang album tersebut menyusul berita kematiannya.

(dira/ray)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait