Sigit Wardana Bongkar Alasan Adnil dan Anya Hengkang dari Base Jam

Indra Kurniawan | 20 November 2022 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Base Jam salah satu grup musik idol di era 1990-an. Tiga album pertama grup yang digawangi oleh Adon (vokal), Sigit (vokal), Adnil (gitar), Sita (bas), Anya (kibor), Aris (gitar), dan BS (drum) mendapat respons positif dari penikmat musik Indonesia.

Namun perpecahan melanda band asal Bogor tersebut. Dua personelnya, Adnil dan Anya, memutuskan hengkang. Sehingga di album ke-4 Base Jam jalan dengan 5 personel. Sigit mengatakan keluarnya Anya dan Adnil disebabkan ketidakcocokan dengan manajemen Base Jam. 

"Sebenarnya ada masalah ketidakcocokkan sama sistem manajemen. Terus terang gue sampai sekarang, gue sendiri enggak terlalu ngeh. Karena gue orangnya, sistemnya begini, ya udah gue ikuti," jelas Sigit dikutip dari kanal YouTube Ferdy ELEMENT.

"Cuma mungkin kayak Adnil, kan yang pertama keluar Adnil, (disusul) Anya, mungkin mereka punya prinsip yang dipegang 'gue enggak bisa kayak gini nih'. Nah itu yang akhirnya bikin (mereka memutuskan keluar)," sambungnya. 

Sigit mengaku tak tahu apakah sebelum memutuskan mereka ada pilihan lain yang lebih baik. "Kayaknya sih enggak ada," duga Sigit. 

Adnil sempat kembali di album ke-5, The Best of Base Jam, yang rilis 2002. Selain berisi kumpulan lagu-lagu hit mereka dari 4 album, ada juga 2 lagu baru "Denganmu Tanpamu" dan "Hujan Tanpa Awan" yang meraih popularitas seperti singel-singel lainnya.

Base Jam salah satu band yang bersinar dalam kurun 1996-2000 lewat single "Bermimpi", "Jatuh Cinta", "Bukan Pujangga", dan "Hujan Tanpa Awan". Setelah mengalami Bongkar pasang personel, Base Jam dengan nama baru berusaha tetap eksis sampai sekarang. Album terakhir mereka yang rilis 2015 diberi judul Base Jam Reunion 21 Tahun. (Ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait