Arbani Yasiz Gantikan Iqbaal Ramadan Sebagai Dilan, Produser Ungkap Alasannya

Supriyanto | 23 November 2023 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Arbani Yasiz berperan sebagai Dilan dalam film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995, garapan MD Pictures dan Enam Sembilan Production. Arbani dipasangkan dengan Azizi Asadel atau Zee JKT48 sebagai Ancika.

Film Ancika 1995 diadaptasi dari novel laris karya Pidi Baiq, lanjutan kisah dari Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang tokoh Dilan diperankan oleh Iqbaal Ramadhan.

Budi Ismanto, produser dari Enam Sembilan Production menerangkan, mengapa di Ancika 1995 sosok Dilan diganti oleh Arbani Yasiz, padahal Iqbaal Ramadhan dinilai sudah pas memerankannya.

"Soal pemain kenapa dipilih Arbani menggantikan Iqbaal, orang kan taunya Dilan itu Iqbal. Tapi di sini kenapa nggak Iqbaal? Persoalannya bukan kepada kaminya, tetapi pada Iqbaal-nya," ungkap Budi Ismanto dalam peluncuran trailer film Ancika 1995 di CGV Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/11).

Menurut Budi Ismanto, pihaknya sudah menawarkan peran Dilan di Ancika 1995 ke Iqbaal Ramadhan, sayangnya mantan personel CJR itu menolaknya dengan alasan ingin keluar dari karakter Dilan.

"Kita sudah tawarkan pada Iqbaal, tapi iqbal ketika itu beralasan lewat ayah Pidi, kalau tidak salah alasannya dia ingin keluar dari karakter Dilan. Akhirnya Iqbalnya yang menolak untuk bermain lagi di sekuel ini," terang Budi Ismanto.

Setelah diskusi dengan Benni Setiawan sebagai sutradara, keluarlah nama Arbani Yasiz yang menghidupkan karakter Dilan di Ancika 1995.

Arbani Yasiz pun dirasa tepat setelah dirundingkan bersama produser, sutradara dan Pidi Baiq sebagai pencipta karakter ini.

"Tapi dengan perkembangan kami tim, kreatif, saya dan Pidi Baiq juga, kenapa Arbani? dari aspek fisik oke, akting oke. Tapi pilihan kami ternyata tepat. Kang Benni punya insting sebagai sutradara dia tahu lah bagaimana," jelas sang produser.

Film Ancika 1995 Tayang di Bioskop mulai 11 Januari 2024

Budi Ismanto mengaku memang sudah lama mengincar Arbani Yasiz untuk memerankan sosok Dilan yang memiliki karakter kuat.

Dengan menjatuhkan pilihan pada Arbani, tim produksi seolah menemukan Dilan yang sesungguhnya dimana serupa dengan sosok Dilan yang dikisahkan oleh Pidi Baiq.

"Saya juga sebagai produser sudah sejak lama mengincar Arbani untuk memerankan karakter ini. dan ternyata ketika dicasting memang pas gitu dan ketika di dalam kamera dan di dalam film, emang bener menurut saya inilah Dilan yang sebenarnya," pungkas Budi Ismanto.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait