Kepedulian Ivan Gunawan Terhadap Palestina Dapat Apresiasi dari BAZNAS

Indra Kurniawan | 4 Juni 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) memberi apresiasi kepada Ivan Gunawan atas kontribusinya terhadap hal-hal yang menyangkut kemanusiaan baik di Indonesia maupun luar negeri. 

Ivan Gunawan dikenal memiliki kepedulian terhadap isu-isu sosial dan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun internasional. 

Belum lama ini, Ivan melalui program CSR dari Mandjha Hijab membangun sebuah masjid di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat, Afrika. 

Masjid yang diberi nama Masjid Indonesia tersebut dibangun Ivan untuk membantu kaum Muslim di Uganda dalam beribadah, juga membantu rakyat Uganda untuk mengakses air bersih.

“Lagi random, lihat teman-teman di Uganda salat di bawah ranting, anak-anak susah cari air bersih, saya mulai cari gimana cara bikin masjid dan sumur untuk di sana. Bulan Januari,  masjid itu sudah berdiri dengan kokoh," kisah Ivan Gunawan di Kantor BAZNAS di kawasan Matraman Jakarta Timur, Senin (3/6). 

"(Lokasi) masjid aku 4 jam dari ibu kota Uganda. Di sana memang ada beberapa masjid, tapi satu-satunya masjid yang berwarna putih adalah Masjid Indonesia," lanjutnya.

Tidak hanya mendirikan masjid di Uganda, Ivan juga menggunakan segala kemampuannya untuk memberikan dukungan dan solidaritas terhadap korban serangan Israel di Palestina. 

”Saya bersama Mandjha Hijab membantu saudara-saudara di Palestina melalui penjualan hijab yang memang didesain khusus dengan tema Palestina," ujar  Ivan Gunawan.

Melalui produk kerudung Mandjha Hijab miliknya, Ivan Gunawan merilis koleksi Scarf Series Palestina yang hasil dari keuntungannya disumbangkan ke Palestina.

Ivan Gunawan melakukan penandatanganan di brand scarf karyanya sebagai tanda kolaborasi dengan BAZNAS. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

“Waktu itu berita tentang Palestina sedang bergejolak. Hati saya tergerak untuk mendesain hijab hanya dalam 4 menit. Lalu saya bilang ke Mandjha untuk diproduksi langsung," ceritanya. 

"Saya terinspirasi dari sorban Keffiyeh yang identik dengan perjuangan Palestina. Kemudian saya tambahkan ornamen bunga yang warnanya sama dengan bendera Palestina. Alhamdulillah kerudungnya diminati pasar dan bisa membasuh luka Palestina," tambahnya. 

Selain disumbangkan ke Palestina dan Uganda, dari keuntungan Hijab Mandjha, Ivan Gunawan juga melakukan kegiatan sosial dengan merenovasi sejumlah sekolah, pesantren dan membangun rumah Tahfiz Quran di Sawangan Depok yang saat ini sudah menampung 80 santri.

”Saya ingin di rumah tahfiz saya, anak-anak saya bisa berprestasi. Saat ini ada 80 anak. Saya sekolahkan dan juruskan sesuai kemahiran mereka. Dimulai pendidikan agama dan bahasa Inggris," kata Ivan.

Deretan kegiatan sosial itulah yang membuat BAZNAS memberikan apresiasi khusus kepada Ivan Gunawan. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. dr. Noor Achmad, MA., di Kantor Pusat BAZNAS kawasan Matraman, Jakarta Timur.

"BAZNAS sengaja mengundang mas Ivan Gunawan karena ini adalah contoh baik, seorang dermawan yang sangat peduli terhadap kemanusiaan baik itu di dalam negeri maupun luar negeri," kata Noor Achmad.

"Kami telah mempelajari kedermawanan beliau untuk kemanusiaan dan dengan begitu sangatlah tepat untuk kami lakukan kolaborasi dengan beliau. Kami juga telah melakukan penandatanganan di brand beliau dan insya Allah kami berharap apa yang telah dilakukan oleh beliau dapat menjadi contoh bagi yang lain," tambahnya.

Ivan Gunawan bersyukur atas apresiasi yang diterima olehnya dari BAZNAS. Dia mengaku apa yang dilakukannya selama ini tidak bermaksud untuk mencari pengakuan dari pihak lain.

"Jujur dari hati kecil saya, setiap apa yang saya buat, yang saya berikan kepada masyarakat Indonesia maupun di luar sana tidak ada niatan sedikitpun untuk mendapatkan pengakuan dari siapapun. Alhamdulillah hari ini pihak BAZNAS memberikan apresiasi tersebut, saya mengucapkan banyak terima kasih," ujar Ivan Gunawan.

Tak lupa, Ivan Gunawan juga mengucap terima kasih untuk para pelanggan setia yang selama ini selalu percaya dengan karya-karyanya. Itu menjadi salah satu gerakan yang membuatnya bisa terus berbagi dalam hal kemanusiaan.

"Alhamdulillah dari keuntungan penjualan kerudung dan baju, yang saya buat selama ini bisa menghasilkan begitu banyak kebaikan dan saya juga berkomitmen untuk tidak berhenti sampai di situ saja," tutur Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan tak memungkiri kebaikan yang dilakukan bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility). Dia mengatakan tidak ingin menikmati keuntungan sendiri. 

"Saya pengin orang-orang di sekitaran saya bisa kembali merasakan juga bisa merasakan nikmatnya. Seperti saat ini program CSR kami juga membangun sekolah-sekolah yang membutuhkan. Aku juga mengajar di beberapa SMP di bidang fashion untuk sharing ilmu apa yang saya punya," jelas pria yang akrab disapa Igun.

Mandjha Hijab Ivan Gunawan sendiri merupakan brand busana modest milik Ivan Gunawan yang lahir 21 April 2017. Dalam tujuh tahun, toko Mandjha tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yaitu Bandung, Bekasi, Bogor, Cirebon, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Makassar, Malang, Surabaya, Pekanbaru, dan Depok.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait