Bareng Ratu Rizky Nabila, Reky Gustaman Beri Edukasi Naik Gunung Lewat Askara Jenggala

Ari Kurniawan | 13 Juni 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ratu Rizky Nabila menjalani ekspedisi naik gunung bersama jasa pendaki atau trip organize Papandayan-ID bernama Reky Gustaman.

Diproduseri Reky Gustaman, perjalanan ekspedisi Ratu Rizky Nabila dalam mendaki gunung diabadikan dalam sebuah konten video dokumenter bertajuk "Askara Jenggala", yang tayang di kanal YouTube Ratu Rizky Nabila Official.

Reky Gustaman mengatakan program Askara Jenggala terjadi setelah ia dan tim mendampingi Ratu Rizky Nabila mendaki gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Ada juga tim dari Askara Jenggala, kang Unank sebagai safety pendakian, kang Iqbal sebagai videographer, dan tim sesepuh dari Ica.

"Jadi pas kami mendampingi kak Ratu waktu mau naik Papandayan, kami banyak bercerita. Kebetulan Kak Ratu tuh pertama kali naik gunung," kata Reky Gustaman ketika ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (13/6).

Reky menyebut saat itu Ratu berusaha menggali lebih dalam tentang pendakian atau naik gunung karena baru pertama kali melakukannya. Dalam perjalanannya menuju puncak Papandayan, Ratu ingin mengetahui tips and trik mendaki gunung dengan baik dan benar.

Reky yang punya misi ingin memberikan edukasi kepada pendaki baru, merasa tertarik untuk berbagi tentang banyak hal seputar pendakian.

"Kami sudah sering naik gunung, mau berusaha untuk memberikan edukasi ke pendaki baru yang muda-muda. Akhirnya bicara ke kak Ratu, dia berkenan lah jadi talent kami," ucapnya.

Reky dan Ratu pun membahas tentang konsep dari sebuah konten tentang pendakian gunung dalam program Askara Jenggala. Hasilnya, mereka berencana membuat konten yang mengedukasi dan informatif.

"Kami ada rencana melakukan pendakian dengan konsep seperti ada sesi menanyakan masalah budaya dan edukasi pendakian. Nggak cuma naik dan turun, tapi ada edukasi dan budaya," jelasnya. 

"Kami masuk ke gunung nggak sembarang naik, kami kenal warga lokalnya. Jadi pendakian nggak cuma naik gunung have fun-nya dapet," tambahnya.

Reky Gustaman ingin memberikan edukasi kepada pendaki pemula, agar tidak asal naik gunung sebelum memiliki wawasan yang baik.

"Memang, segmentasinya pendaki baru. Bisa juga ke semua pendaki, karena ada beberapa pendaki yang suka naik gunung tapi belum tau larangan dan aturannya. Target kita kena ke pendaki baru biar mereka lebih proper," ujarnya.

Ratu Rizky Nabila sendiri mau menerima tawaran Reky Gustaman, karena ia ingin mencoba hal baru untuk bisa dapat perjalanan hidup yang lebih baik.

"Kebetulan Reky teman dari Dul Jaelani dan Tissa Biani. Lalu, memang konten ini bagus buat memberikan edukasi buat pendaki baru," kata dia.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait