Bantu Gapai Karier, Binus University Buka Program Kuliah 2,5 Tahun

Supriyanto | 22 Juni 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Binus University Jakarta gelar program kuliah pendek, '2,5 Tahun Kuliah, Langsung Gapai Kariermu #MulaiLebihAwal' khusus untuk membantu mahasiswa menggapai karier yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka.

Program kuliah pendek dengan menempuh waktu 2,5 tahun yang diterapkan Binus University Jakarta mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan rencana karir jangka panjang.

"Kita melihatnya bagaimana anak-anak ini bisa dengan lebih cepat dan lebih dekat dengan industri. Supaya mereka bisa mengenal lebih dulu dan tahu kebutuhannya seperti apa," ujar Rektor Binus University Dr Nelly kepada wartawan di Binus University, Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (21/6).

Dan sebaliknya, melalui program yang ditawarkan Binus, industri juga bisa tahu karakteristik mahasiswa yang akan menjadi pekerja.

"Makanya kita di sini mengadakan dua setengah tahun kuliah. Dia (mahasiswa) bisa lebih awal menggapai karirnya," tambah Nelly.

Program ini membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman profesional dan keterampilan kerja yang dibutuhkan melalui enrichment program.

Berbeda dengan kurikulum pendidikan tinggi pada umumnya, enrichment program memberikan mahasiswa pembelajaran mengenai AI, entrepreneurship dan character building. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan generasi muda agar bisa langsung berkarier setelah lulus kuliah.

Dalam enrichment program, mahasiswa dapat memilih satu dari tujuh track pembelajaran yang sesuai dengan minat dan rencana karir jangka panjang seperti entrepreneurship, researchinternshipfurther studycommunity developmentstudy abroad, serta specific independent study.

Setiap tahun ada sekitar 7000 mahasiswa Binus University mengikuti program tersebut. Hingga kini sudah 96.000 mahasiswa yang telah menjalani program tersebut.

"Kalau setiap tahun itu sampai 7.000-an mahasiswa tidak (Belajar) di kampus, tersebar seluruh Indonesia. Secara total sebetulnya dari kita menjalankan sekitar 9 tahun yang lalu. Sekitar 96.000 mahasiswa yang sudah mengikuti program ini," terang Nelly.

Dia menyebutkan, biaya kuliah di Binus University yang termahal dalam 4 tahun perkuliahan adalah Rp 230 juta.

"Total biaya sampai lulus itu untuk yang tertinggi sekitar Rp 230 juta diselesaikan dalam 4 tahun sampai lulus," pungkas Nelly.

Hingga saat ini, Binus University berhasil menempati posisi 951-1000 dalam QS World University Rankings 2025. Di Indonesia, BINUS University masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik dan merupakan perguruan tinggi swasta terbaik nomor satu yang masuk dalam pemeringkatan ini.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait