Cegah Pinjol, 400 UMKM Perempuan Diberi Bantuan Modal Usaha dari PPLIPI

Ari Kurniawan | 1 Juli 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Maraknya pinjol di tengah-tengah masyarakat saat ini menjadi salah satu masalah bagi keluarga Indonesia, tak terkecuali bagi para ibu rumah tangga yang terlibat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Oleh karena itu, guna mengedukasi para perempuan Indonesia untuk tetap berkarya sekaligus membantu meningkatkan perekonomian keluarga, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi (PPLIPI) kembali memberikan bantuan permodalan bagi 400 usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Menurut Ketua Umum PPLIPI Hj Indah Suryadharma Ali, pemberian modal usaha ini sudah rutin dilakukan untuk meningkatkan usaha dari umkm khususnya perempuan.

"Bantuan ini masih sama untuk 400 UMKM perempuan yaitu sebesar 500 ribu rupiah per umkm. Mereka yang dipilih seperti pedagang nasi uduk, lapak warung kecil, jadi mereka yang sehari-hari modal jualannya 300 ribu, jadi sangat mikro," ujar Indah Suryadharma Ali, Ketua Umum PPLIPI di Gedung Smesco, Jakarta, belum lama ini.

Indah menjelaskan, untuk kegiatan pplipi peduli umkm kali ini, targetnya lebih luas yaitu tersebar di Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Bantuan ini sifatnya stimulan sehingga tidak ada kewajiban untuk mengembalikan kepada PPLIPI. Namun, lanjutnya, kami konsisten memberikan apresiasi kepada umkm mikro yang serius mengembangkan usahanya. Adapun kegiatan ini merupakan upaya pplipi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Tak hanya dalam bentuk modal usaha, Indah menambahkan, PPLIPI juga memberikan berbagai pelatihan untuk pengemasan dan digital marketing, di samping permodalan.

Indah juga menegaskan agar bantuan permodalan tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Dia juga mengingatkan para pelaku UMKM perempuan untuk tidak terjerat pinjaman online (pinjol). "Mudah-mudahan para pelaku umkm jangan terlibat pinjol,” tutupnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait