LSK TRP Buka Gebyar Malam Keakaraban Penguji Tata Rias Pengantin dan LSK Award 2024 

Ari Kurniawan | 11 Juli 2024 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Rias Pengantin (LSK TRP) melaksanakan Gebyar malam keakraban Penguji dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSK TRP seluruh Indonesia. Acara dihelat di Hotel Menara Peninsula Jakarta Barat, pada 9 sampai 10 Juli 2024.

Kegiatan ini diawali dengan gala dinner peragaan tata rias pengantin pakem dan peluncuran seragam baru, penghargaan TUK, Penguji berprestasi periode 2023-2024, dan puncaknya adalah LSK award 2024.

RA Kanas Kosasih Koesoemadinata, S.E., M.Ht, selaku Ketua LSK Tata Rias Pengantin, merasa bersyukur untuk terselenggaranya gebyar LSK TRP 2024.

"Kami juga meluncurkan seragam baru tempat Uji Kompetensi seluruh Indonesia dan menguji LSK Tata Rias Pengantin dan puncaknya adalah LSK Awards 2024 penilaian atau apresiasi untuk para pemimpin TUK seluruh Indonesia berkinerja baik dan Penguji Tata Rias Pengantin berkinerja baik 2024," ungkapnya di Hotel Menara Peninsula, Jakbar, Selasa (9/7). 

Acara gebyar LSK TRP di buka oleh Direktur kursus dan pelatihan Ibu Dr dr Hajah Nah Diana MPD dan kehadiran dari deputi kementerian pemberdayaan perempuan dan juga perlindungan Anak. 

Acara ini terselenggara berkat dukungan dan binaan dari Direktorat khusus pelatihan, dirjen advokasi, kemendikbudristek Indonesia dan organisasi profesi pembentuk electoris pengantin yaitu HARPI MELATI ibu Suyatmi Harun MM dan forum PLKP yang membawahi seluruh lembaga kursus dan pelatihan yang ada di Indonesia yaitu Pak Janis Hendratet ketua bidang untuk sertifikasi pengujian. 

"Puji syukur acara ini diikuti oleh seluruh penguji TUK dan juga pimpinan lembaga kursus dan pelatihan instruktur kemudian makr up artis dan juga masyarakat umum dari Aceh hingga ke Morotai," sambung RA Kanas Kosasih Koesoemadinata, S.E., M.Ht.

Standarisasi dalam pemberian LSK awards untuk pimpinan Tempat Uji Kompetensi (TUK) diberikan penilaian selama kurun waktu 2023 hingga 2024 dengan pelaksanaan uji kompetensi yang terbaik kemudian pelaporan-pelaporan administrasi yang terbaik dan dengan peserta ujian reguler atau berbayar mandiri terbanyak. 

Penguji di berikan LSK awards dengan penilaian adalah penguji yang berkinerja baik kemudian best performance Best dress, best untuk komunikasi, dan banyak sekali nominasi lainnya.

Para penguji diberikan apresiasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang berjumlah 350 penguji di harapkan tetap guyub dan solid dengan tata rias pengantin. 

Janis Hendratet, ketua Bidang Standarisasi dan Sertifikasi DPP Forum Pengelola LKP menambahkan bahw "standardisasi untuk penata rias pengantin atau juga makeup artis itu kan dimasukkan ke pemerintah yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi kompetensi ketika mereka belajar apa yang dipelajarkan itu harus ada pihak ketiga yang mengukur dari ujung barat sampai ujung timur itu standarnya sama."

Bagi masyarakat umum yang ingin mengikuti uji kompetensi bisa langsung mendapatkan di aplikasi di Kemendikbudristek dan juga bisa mendaftar secara mandiri. 

"Sertifikasi tersebut berlaku seumur hidup bisa di gunakan sebagai alat kompetensi pada saat kita melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan tentunya bisa sebagai referensi untuk kita bekerja di industri," pungkas RA Kanas Kosasih K.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait