6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Kopi

Supriyanto | 14 Juli 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Minuman kopi bisa dinikmati secara tunggal. Anda tentu sering melihat orang-orang yang membawa tumbler kopinya kemana-mana dia pergi, bahkan sambil berjalan. Karena memang senikmat itu minuman kopi bagi para pecintanya. 

Namun tidak sedikit orang yang menikmati minuman kopi dengan makanan pendamping. Terutama ketika mereka menikmati minuman kopi dengan berdiam di kafe-kafe. Ada yang minum kopi sambil makan sepotong kue, keripik, atau juga gorengan.

Tentu pilihan menikmati kopi dengan makanan pendamping boleh-boleh saja. Tapi tahukah Anda, jika sesungguhnya ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dinikmati bersamaan dengan kopi. Karena akan ada efek samping yang cukup berisiko untuk kesehatan.

Melansir Health, berikut 6 makanan tersebut. Beberapa di antaranya mungkin akan membuat Anda terkejut.

1. Buah sitrus

Minum kopi sambil mengunyah jeruk (dan keluarga sitrus lainnya seperti lemon dan nipis) bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada area pencernaan. Hal ini disebabkan karena kopi dan sitrus sama-sama memiliki kandungan asam alami yang cukup tinggi.

Mengonsumsinya secara bersamaan berarti meningkatkan kemungkinan seseorang terkena serangan GERD sebanyak dua kali. Beberapa gejalanya seperti mual, kembung, dan maag. Serangan asam dari kopi dan sitrus yang datang bersamaan dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan gejala yang muncul terasa lebih buruk. 

2. Daging merah

Penelitian mengungkap bahwa kandungan kafein pada kopi dapat menghambat penyerapan nutrisi di usus, khususnya zat besi. Daging merah, seperti pada hindangan steak, memiliki kandungan zat besi yang baik untuk tubuh dalam kadar yang cukup tinggi.

Maka ketika Anda mengonsumsinya bersamaan dengan minuman kopi, kebaikan daging merah akan menjadi sia-sia. Jika pola konsumsi ini menjadi kebiasaan, salah-salah Anda akan mengalami defisiensi zat besi. Ada baiknya memisahkan kedua menu tersebut, dan nikmati hidangan daging merah agar tubuh Anda tercukupi kebutuhan zat besinya.

3. Susu 

Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang bagus untuk kesehatan tulang, fungsi otot, pembekuan darah, dan produksi hormon. Mengonsumsinya bersamaan dengan kopi akan membuat kebaikan susu menjadi terbuang percuma, karena kandungan kafein dalam kopi yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

Kalsium yang tidak terserap, biasanya akan terbuang bersama urin. Urin yang mengandung kalsium terlalu banyak berisiko menyebabkan pembentukan batu ginjal sekaligus terganggunya kesehatan tulang. 

4. Gorengan 

Cukup banyak coffee shop yang menyajikan minuman kopi dengan hidangan pendamping berupa aneka gorengan seperti kentang goreng, risoles, dan lain-lain. Risiko dari kebiasaan mengonsumsi kedua jenis hidangan ini secara bersamaan, yakni peningkatan kolesterol jahat dalam darah yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan jantung.

Karena berdasarkan penelitian, konsumsi kopi yang tidak bijak bisa memperbesar kemungkinan terjadinya dyslipidemia atau peningkatan level lemak yang tidak normal dalam darah.

Bisa dibayangkan risikonya terhadap kesehatan jika hal ini dikombinasikan dengan keburukan gorengan? Maka sebaik-baiknya adalah memisahkan konsumsi kopi dan gorengan atau konsumsi keduanya secara bijak atau tidak sampai menjadi kebiasaan rutin setiap hari. 

5. Sereal yang difortivikasi

Produk sereal untuk sarapan biasanya telah diperkaya dengan tambahan vitamin dan mineral penting. Zinc menjadi salah satu zat penting untuk kesehatan yang sering ditambahkan ke dalam sereal. Sayangnya, kopi diduga berisiko mengganggu bioavailibitas zinc.

Belum ada penelitian mengesahkan dugaan ini. Namun sebaiknya konsumsi antara keduanya dipisah saja agar segala kebaikan dapat diserap secara baik oleh tubuh. 

6. Makanan yang mengandung sodium tinggi

Salah satu ciri makanan tinggi sodium adalah rasanya yang asin dan gurih. Seperti keripik kentang, kentang goreng, dan lain-lain.

Makanan tinggi sodium diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Pun demikian dengan kopi. Terdapat banyak senyawa aktif dalam kopi yang secara biologis bis memengaruhi tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Maka langkah jauh lebih baik jika tidak mengonsumsi keduanya pada waktu bersamaan. Berlaku bijaklah demi kesehatan Anda sendiri.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait