Kenang Zaman Susah, Inul Daratista Nyanyi Sampai Dini Hari Cuma Dibayar Rp 20 Ribu

Ari Kurniawan | 20 Juli 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sukses yang diraih Inul Daratista saat ini tidak didapat dengan mudah. Ada perjalanan panjang yang telah ia lewati. Bukan hanya keringat, tak jarang penyanyi asal Jawa Timur itu juga harus mengeluarkan air mata.

Ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7), Inul Daratista mengenang masa-masa sulit saat merintis karier sebagai penyanyi.

Tak ada fasilitas mewah seperti yang ia dapat sekarang, kala itu Inul Daratista mendapat bayaran yang sangat minim setelah tampil berjam-jam.

"Dulu aku nggak punya, kerja zaman dulu di kafe dangdut berangkat jam 8 malem pulang jam 2 pagi bayaran cuma Rp 20 ribu. Jadi nyanyi sampai ngos-ngosan, capek, gosong, honornya cuma Rp 23 ribu," kenang Inul Daratista.

Sebab itu, Inul Daratista sangat menghargai anak-anak muda yang merintis karier sebagai penyanyi. Termasuk para pengamen.

Inul Daratista tak pernah lupa menyiapkan uang di dalam tasnya untuk dibagikan kepada setiap pengamen yang ia temui di jalan.

"Memang aku suka kasih uang ke pengamen, setiap hari," ujar artis 45 tahun itu.

Uang yang disiapkan Inul Daratista di tasnya mencapai Rp 10 juta setiap harinya. Selain pengamen, istri Adam Suseno itu juga kerap berbagi ke pedagang asoangan.

"Fungsinya kalau ada yang ngamen dan minta nggak bisa nggak kasih uang. Dulu aku tuh anak masih kecil di jalan ada pengamen atau pedagang asongan, aku suruh dia kasih uang. Jadi anakku bisa contoh sifat ibu bapanya," jelasnya.

Saking seringnya berbagi, kendaraan Inul Daratista sudah dihapal oleh pengamen di pinggir jalan.

"Ya udah biasa buat saya cuma dari dulu begitu, ketika derajat naik dan duit banyak ya kasih," ungkapnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait