Wanda Hara Dilaporkan ke Polisi dengan Pasal Penistaan Agama, Ancaman Penjara 5 Tahun

Supriyanto | 25 Juli 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fashion stylist langganan keluarga Raffi Ahmad, Wanda Hara dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan pasal penistaan agama pada Rabu (24/7) siang. Hal tersebut buntut dari kasus Wanda Hara bercadar dan bergabung di jamaah wanita padahal Wanda Hara adalah pria bernama Irwansyah.

"Pasal KUHP adalah Pasal 156, ancamannya lima tahun (penjara)," ujar Muhammad Wildan, kuasa hukum Muhammad Rizky Abdullah sebagai pelapor.

Wanda Hara dinilai telah melecehkan syariat islam saat mengikuti kajian pimpinan Ustaz Hanan Attaki akhir pekan kemarin. 

Laporan terhadap Wanda Hara telah diterima Bareskrim Polri dengan nomor: LP/B/247/VII/2024/SPKT/BARESKRIM POLRI, Tanggal 24 Juli 2024. Wanda Hara atau Irwansyah dijerat Pasal 156 a KUHP tentang Penistaan Agama, dengan ancaman lima tahun penjara.

Wildan mengatakan Wanda bisa ditangkap dan ditahan bila ditetapkan tersangka. Sebab, ancaman hukumannya lima tahun penjara. 

Namun, setelah melaporkan ke pihak berwenang, pelapot menyerahkan proses hukum kepada penyidik Bareskrim Polri. 

"Sepenuhnya ada di penyidik. Kami punya argumentasi, tapi sepenuhnya diserahkan ke penyidik," terang Wildan.

Wildan bersama kliennya Rizky yang melaporkan kasus ini telah menyerahkan bukti-bukti dugaan pidana yang dilakukan Wanda Hara ke Bareskrim Polri. Seperti beberapa barang bukti dari media massa, potongan video, dan status dari Instagram.

"Kemudian saksi, karena kami sebagai pelapor tentu salah satunya adalah saksi," pungkas Wildan.

Wanda Hara Dilaporkan ke Polisi dengan Pasal Penistaan Agama, Ancaman Penjara 5 Tahun

Sebelumnya, kabar Wanda Hara memakai cadar saat kajian Ustaz Hanan Attaki diketahui dari unggahan salah satu jamaah wanita. 

Dalam foto yang beredar di media sosial, sosok bercadar hitam yang diduga Wanda Hara tampak ikut berpose bersama beberapa artis, termasuk Syahnaz Sadiqah dan Nagita Slavina, usai kajian Ustaz Hanan Attaki.

Namun, wajah Wanda Hara tidak tampak jelas seperti artis lainnya karena ia mengenakan cadar berwarna hitam.

Unggahan tersebut kemudian viral setelah direpost oleh akun gosip. Sejumlah netizen pun marah dan mengungkap bahwa Wanda Hara telah mempermainkan agama. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait