Tips Faren Yokung Tembus Top 100 Gimme The Mic TikTok LIVE Tahun Ini 

Indra Kurniawan | 3 Agustus 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TikTok LIVE baru saja mengumumkan kembalinya ajang pencarian bakat musik nasional, Gimme The Mic, yang dibuka dengan proses audisi sejak 15 Juli lalu.

Untuk kembali menjaring bintang LIVE selanjutnya, TikTok LIVE beserta tiga juri tahun ini, Raisa, Eka Gustiwana, dan Budi Doremi; akan menyeleksi peserta secara virtual melalui fitur siaran langsung di TikTok LIVE. 

Peserta dari seluruh Indonesia dapat mengikuti proses audisi yang ada dengan mudah dan nyaman dari rumah masing-masing, tanpa harus berangkat ke Ibu Kota seperti ajang pencarian bakat lainnya.

Pengalaman ini turut dirasakan Faren Yokung, pemenang dari Gimme The Mic edisi perdana yang berhasil menyisihkan 28 ribu peserta tahun lalu. 

Penyanyi asal Manado, Sulawesi Utara ini masih ingat bagaimana serunya mengikuti proses audisi hingga lolos ke babak terakhir lewat TikTok LIVE.

"Meskipun berdomisili di Manado, saya bisa mengikuti proses audisi dari kamar saya tanpa harus berangkat ke ibu kota seperti ajang pencarian bakat lainnya," ungkap Faren.

"Para keluarga pun juga bisa membantu saya mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk tampil di TikTok LIVE. Hal ini yang membuat pengalaman audisi di Gimme The Mic tahun lalu menjadi pengalaman tak terlupakan bagi saya," tambahnya.

Babak penyisihan Gimme The Mic 2024 telah dimulai sejak 15 Juli dan akan berlangsung hingga 5 Agustus 2024. Untuk memperbesar kesempatan kamu masuk ke top 100, Faren membagikan tiga tips agar kamu bisa tampil maksimal saat proses audisi nanti. Yuk, simak tips lengkapnya berikut ini:

Faren membagikan tiga tips agar kamu bisa tampil maksimal saat proses audisi nanti. (TikTok/Faren)

1. Ciptakan 'ruangan audisi' yang nyaman, apik, dan kamu banget

Meskipun proses audisi Gimme The Mic bisa diikuti dari rumah masing-masing, pastikan tempat atau latar belakang ruangan yang kamu pilih tidak hanya kondusif, tapi juga memiliki pencahayaan yang baik. Jangan lupa untuk merapikan semua sudut ruangan yang tertangkap di kamera ponsel kamu, agar juri dan komunitas TikTok bisa fokus memerhatikan penampilanmu saat bernyanyi. Untuk pencahayaan, usahakan dapat alami dari jendela rumah, atau gunakan portable lightstick. 

"Saat audisi, saya sengaja memilih area rumah yang memiliki tembok putih agar efek Gimme The Mic yang menjadi persyaratan audisi bisa terlihat dengan jelas. Saya juga menyarankan peserta untuk memakai baju dengan warna yang kontras untuk menonjolkan kualitas bintang yang kita miliki. Jangan lupa juga untuk menempatkan diri di tengah, sehingga perhatian juri dan penonton bisa tertuju 100% ke diri kamu," ungkap Faren yang pada saat audisi tampil apik dengan menggunakan blazer biru tua.

2. Kenali karakter suaramu dengan lagu yang pengin dibawakan

Peserta dengan karakter suara dan pembawaan yang unik bisa menarik perhatian juri dan audiens TikTok, sehingga penting untuk mempertimbangkan lagu yang ingin dibawakan di proses audisi Gimme The Mic dengan matang. Di antara banyaknya lagu Indonesia yang ada, pilih lagu yang bisa membantu menunjukkan kepribadianmu secara autentik, dan tentunya cocok dengan kekuatan vokalmu. Faren menyarankan peserta tahun ini untuk menonton video audisi dari para peserta tahun lalu dengan mengetik #GimmeTheMic_Indonesia di kolom pencarian tagar di TikTok. Faren juga menyarankan agar peserta yang memiliki karya orisinal untuk tidak takut membawakan lagu ciptaannya sendiri seperti yang dilakukan Faren dan beberapa peserta lain di tahun lalu. 

Faren menambahkan, "Sebelum merekam video audisi kamu, persiapkan tiga sampai empat lagu terbaik favorit untuk terus kamu latih di depan kamera. Jangan takut untuk mengeksplorasi gaya vokal, warna suara, riffs dan runs, serta genre lagu sampai kamu menemukan kombinasi yang tepat."

3. Tampil percaya diri dan autentik untuk bangun chemistry dengan juri dan audiens sedari dini

Masih berhubungan dengan pembawaan diri, para juri dan audiens TikTok tidak hanya menilai kemampuan vokal, tetapi juga kepribadian yang ditampilkan pada saat siaran langsung di TikTok LIVE. Lewat fitur multi-guest, para peserta pun bisa saling berinteraksi sebelum akhirnya dipertemukan secara langsung di babak selanjutnya. Di babak ini, kemampuan peserta untuk berinteraksi dengan para audiens layaknya bintang ternama akan dilihat, sehingga penting untuk tetap tampil apa adanya, autentik, dan tidak berlebihan.

"Dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya tetap berusaha membangun dan memancarkan kepercayaan diri, serta menyebarkan semangat untuk orang lain agar tidak patah semangat," ujar Faren. 

Semangat Faren yang autentik ini juga turut dirasakan oleh para juri dan audiens TikTok, seperti yang terlihat dari dukungan yang ia terima sejak audisi. Bahkan, salah satu juri sempat menangis melihat kegigihan Faren menampilkan bakatnya di salah satu babak kompetisi "Gimme The Mic" tahun lalu.

Faren Yokung telah membuktikan dengan persiapan yang tepat dan matang, setiap peserta Gimme The Mic memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan penampilan terbaik di babak audisi. Percaya pada kemampuan diri sendiri, mempersiapkan diri sebaik-baiknya, serta memanfaatkan setiap momen audisi dengan maksimal adalah kunci sukses dalam kompetisi ini.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait