Sambut HUT RI dengan Keindahan Budaya dan Seni di Indonesian Culture Festival

Ari Kurniawan | 15 Agustus 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 79 tahun, sejumlah mal menghadirkan rangkaian kegiatan yang menampilkan keindahan budaya Indonesia. Di antaranya Lippo Malls Indonesia yang mengangkat tema “Indonesian Culture Festival” mulai 1 Agustus hingga 31 Agustus 2024. 

Keindahan budaya Indonesia hadir dalam ragam aktivitas di area mal, mulai dari festival busana, festival kuliner, juga festival tari daerah. Kegiatan ini juga merupakan hasil kerjasama berkelanjutan dengan UMKM yang telah bermitra dengan Lippo Malls. 

Beragam pameran produk Nusantara, seperti kain dan baju batik, hasil kerajinan daerah, hingga kuliner makanan tradisional Nusantara hadir di Lippo Mall Kemang. Selain pameran, ada juga serangkaian talkshow dan workshop hasil kolaborasi dengan pemerhati budaya, komunitas pelestari budaya, dan pecinta fashion yang digelar pada setiap akhir pekan. 

Berkolaborasi bersama sanggar seni dan budaya, keindahan tarian dan nyanyian dari berbagai daerah di Indonesia juga dapat dinikmati di panggung atrium utama pada minggu kedua dan ketiga di bulan Agustus.  

Sebagai refleksi sejarah Indonesia sebagai negara maritim, mal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini juga menghadirkan kapal era Sunda Kelapa berukuran raksasa yang dilengkapi dengan benteng tepat di depan kapal. 

Bagi pecinta kuliner, pengunjung dapat menikmati aneka kuliner Nusantara Indonesia di Gajah Mada Plaza, mal yang berlokasi di pusat kota Jakarta dan juga Pluit Village yang berlokasi di Jakarta Utara dengan mengangkat sajian Nusantara mulai dari makanan utama, snack dan juga minuman khas Nusantara yang sudah dikenal di masyarakat.  

Selanjutnya, Semarak Sumatera juga menjadi tema kegiatan di Cibubur Junction yang diselenggarakan pada 21 Agustus hingga 1 September 2024 di Lobby Utama dengan menghadirkan festival kuliner khas Sumatera seperti sate padang, nasi kapau, martabak kubang, pempek palembang, mie aceh, tempoyak, mie celor, es kacang merah, kue pendap, dan es durian iko gantinyo. 

Selain itu, di Cibubur Junction juga menghadirkan pentas budaya seni dan tari Sumatera di antaranya: Tari Saman dan Bungong Jempa dari Aceh, Rantak Minang dan Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Japin Melayi dari Bangka Belitung, Tari Serampang dan Soleram dari Jambi dan Riau, Tari Serawai dari Bengkulu dan penampilan Fashion Show khas baju adat Sumatera. 

Acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Timur dan dijadwalkan akan dibuka oleh Walikota Jakarta Timur dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jakarta Timur.

Lomba tari tradisional Monotambe yang merupakan seni tari yang berasal dari Sulawesi Tenggara terselenggara di Kediri Town Square pada tanggal 18 Agustus 2024.

Sementara, untuk mal yang berlokasi di Jawa Barat yaitu Bandung Indah Plaza mengangkat kesenian dari Jawa Barat dengan menggelar kompetisi tari jaipong, penampilan angklung sebagai musik tradisional Jawa Barat serta menghadirkan jajanan Sunda pisan yang menghadirkan jajanan khas Jawa Barat. 

Plaza Medan Fair, mal yang berlokasi di Medan Sumatera Utara, menggelar “Aceh Tourism” yang merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dengan lokasi kegiatan di lapangan parkir depan. Pengunjung dapat melihat langsung keunikan produk-produk Aceh melalui beberapa produk – produk unggulan dari UMKM seperti Kopi Solong, Kuliner khas Aceh dan souvenir Aceh. Aceh Tourism ini diisi dengan panggung seni budaya Aceh diantaranya tarian ratoeh jaroe. 

Lippo Plaza Kupang, mal yang berlokasi di Indonesia Timur menampilkan beragam kegiatan kesenian seperti tarian daerah dan fashion show busana daerah dengan menggelar lomba fashion show casual tenun NTT yang menampilkan kain tenun sebagai salah satu wastra Indonesia yang pesonanya sudah dikenal sampai dunia internasional.

Santiwati Basuki selaku Chief Marketing Officer PT Lippo Malls Indonesia, menjelaskan, “Tema Indonesia Culture Festival ini kami angkat sebagai tema untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 untuk mempromosikan keindahan budaya Indonesia dengan menampilkan ragam budaya yang berasal dari beberapa suku dan kepulauan yang ada di Indonesia melalui kekayaan busana tradisional, tarian tradisional dan juga kuliner tradisional.”

“Festival ini akan menampilkan kekayaan budaya Indonesia sebagai identitas bangsa Indonesia dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan mengingatkan kembali bahwa keberagaman budaya yang dimiliki oleh masing -masing daerah di Indonesia merupakan aset yang sangat bernilai yang harus kita jaga dan kita lestarikan,” tutup Santi.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait