Festival Film Busan Bakal Beri Penghargaan Khusus untuk Mendiang Lee Sun Kyung

Supriyanto | 24 Agustus 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Busan International Film Festival (BIFF) akan memberikan penghargaan kepada mendiang aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun. Penghargaan ini, yang dikenal sebagai Penghargaan Sinema Korea, diumumkan oleh penyelenggara festival pada Jumat (23/8).

Lee Sun-kyun, terkenal di seluruh dunia karena perannya dalam film "Parasite" yang memenangkan Oscar pada tahun 2019, meninggal dunia pada Desember 2023. 

Kematian Lee, yang dilaporkan sebagai bunuh diri, terjadi setelah penyelidikan polisi mengenai dugaan penggunaan narkoba. Kejadian ini menimbulkan kemarahan dan kekhawatiran di masyarakat.

Penyelenggara BIFF mengatakan bahwa Penghargaan Sinema Korea diberikan kepada orang-orang yang telah membuat kontribusi besar bagi sinema Korea dan membantu meningkatkan reputasinya di tingkat internasional. 

"Tahun ini, penghargaan ini akan diberikan kepada mendiang aktor Lee Sun-kyun, yang telah memikat hati penggemar film di seluruh dunia dengan berbagai karyanya," kata mereka. Upacara penghargaan akan digelar pada pembukaan festival BIFF yang akan datang pada 2 Oktober 2024.

Selain penghargaan, festival ini juga akan menayangkan enam karya film dan TV Lee Sun-kyun, termasuk "Parasite," "Our Sunhi" (2013), dan serial TV "My Mister" (2018). 

Program ini juga akan menampilkan film terakhir Lee yang dirilis secara anumerta, yaitu "Land Of Happiness" (2024), di mana ia berperan sebagai prajurit militer di era otoriter Korea Selatan pada tahun 1970-an.

Pihak BIFF menjelaskan bahwa penghargaan ini bertujuan untuk menghormati karier Lee dan pencapaiannya dalam dunia perfilman. 

"Kami ingin menciptakan momen yang berarti untuk mengenang dan merayakan warisan Lee sebagai seorang aktor berbakat," kata BIFF.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait