Bikin Film Indonesia's Silent Emergency, Nayla Punjabi: Masalah Stunting Itu Penting!

Supriyanto | 30 Agustus 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Nayla Punjabi merilis karya film dokumentar pertamanya berjudul Indonesia's Silent Emergency, Stunting in Rural Populations yang menguak masalah stunting di Indonesia, khususnya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Film berdurasi10 menit itu akan dirilis pada 3 September 2024 di channel YouTube MD Entertainment. 

Nayla mengungkapkan alasan membuat film dokumenter yang mengangkat isu stunting. Menurut putri dari produser dan CEO MD Entertainment itu, banyak masyarakat Indonesia di daerah-daerah yang minim wawasan soal bahaya stunting.

Apalagi Nayla mengatakan, bahwa isu stunting ini seharusnya sudah menjadi perhatian negara.

"Menurut aku setiap negara ada tanggung jawab buat untuk menghadapi stunting ini. Harapan saya ketika nonton dokumenter ini menyadari bahwa stunting itu penting," ujar Nayla Punjabi dalam jumpa pers di MD Place, Setiabudi,Jakarta Selatan belum ini.

Film dokumenter, Indonesia's Silent Emergency: Stunting in Ruralp Populations garapan Nayla Punjabi

Nayla menjelaskan, lewat film dokumenter yang bisa ditonton secara gratis diharapkan bisa mengedukasi masyarakat di NTT maupun seluruh penonton agar bisamengatasi stunting demi generasi bangsa.

Selama pembuatan film dokumentasi Indonesia's Silent Emergency, Nayla Punjabi mendapat dukungan dari MD Entertainment Foundation bekerja sama dengan 1000 Days Fund 

"Ini bukan cuman entertaint tapi bisa teredukasi, ini tanggung jawab semua orang bukan hanya ibu-ibu di pedesaan," terang Nayla Punjabi.

Melalui kisah-kisah personal warga pedesaan di Pulau Komodo dan beberapa wilayah di NTT, wawancara dengan para ahli, dan cuplikan langsung di lapangan, film ini memberikan gambaran tentang faktor-faktor yang menyebabkan stunting di antaranya gizi ibu yang buruk, kebersihan yang tidak memadai, dan akses terbatas ke layanan kesehatan. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait