Anti Kabur, Begini 5 Cara Agar Kucing Betah di Rumah

Ari Kurniawan | 29 Agustus 2024 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cara agar kucing betah di rumah memang cukup menantang, apalagi bagi pet owner pemula. Sebab, secara alami, hewan gemas satu ini memiliki naluri kuat untuk menjelajah.

Seperti yang juga kita ketahui, tak semua kucing cepat beradaptasi. Sehingga beberapa kucing perlu kesabaran ekstra dan perhatian khusus dalam merawatnya.

Dilansir dari BBC, bahkan semua kucing di Inggris wajib dipasang mikrocip agar mudah ditemukan ketika hilang. Pemasangan mikrocip ini juga membantu pet owner bebas dari rasa cemas dan khawatir tentang hewan peliharaannya.

Kenapa Sih Kucing Suka Kabur dari Rumah?

Stephen Grand, Ph.D, seorang filantropis sekaligus peneliti, mengatakan bahwa kucing memiliki pikiran aktif yang pada dasarnya ingin tahu. “Kucing sering kali terjebak di pohon, terjepit di tong sampah, dihujani duri landak, semua itu dilakukan atas nama rasa ingin tahu.”

Lingkungan yang berisik, banyak gangguan, atau terlalu ramai bisa membuat kucing merasa tak nyaman. Kucing adalah hewan yang menyukai ketenangan. Jadi, suasana yang terlalu ramai bisa membuat mereka mencari tempat lain yang lebih tenang dan aman.

Jika di dalam rumah mereka merasa bosan atau tak mendapatkan cukup rangsangan, mereka akan mencoba mencari hiburan di luar. Ini adalah naluri alami mereka untuk menjelajahi lingkungan sekitar.

5 Cara Agar Kucing Betah di Rumah

Kalau kucing kamu termasuk salah satu yang tak betah di rumah, jangan khawatir. Berikut ada ragam cara sederhana yang membuat kucingmu lebih betah di rumah. Simak sampai habis ya!

Sediakan tempat bermain khusus

Kucing adalah hewan yang aktif. Mereka butuh tempat untuk menyalurkan energinya. Sediakan tempat bermain khusus seperti tiang garukan (scratching post), mainan interaktif, atau bahkan rak-rak yang bisa mereka panjat.

Tempat bermain ini tak hanya akan menjaga mereka tetap aktif, tapi juga membuat mereka merasa memiliki "wilayah" sendiri di rumah.

Beri perhatian dan seringlah berinteraksi

Kucing mungkin terlihat mandiri, tapi mereka juga butuh perhatian dan kasih sayang dari owner-nya. Kamu harus sering berinteraksi dengan mereka.

Baik itu bermain atau hanya sekedar mengelus lembut tubuh si kucing. Ini akan membuat kucing merasa aman dan lebih terikat dengan rumah.

Atur jadwal makan harian yang tepat

Beri makanan yang teratur bisa membantu kucing merasa lebih nyaman. Mereka akan tahu kapan waktu makan tiba dan ini akan membuat mereka merasa aman karena kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Buat rumah yang nyaman

Pastikan ada tempat tidur yang empuk, sudut-sudut tenang untuk tidur, dan pastikan suhu ruangan tak terlalu panas atau dingin. Jika rumah nyaman, kucing pun akan lebih betah dan tak punya alasan untuk kabur.

Sebagai pet owner kamu juga harus memperhatikan kualitas udara di rumah. Sebab, udara yang buruk bisa membuat kucing tak nyaman, bahkan berdampak pada kesehatannya.

Rutin membersihkan lingkungan rumah

Kucing sangat peduli dengan kebersihan, terutama di area tempat mereka makan dan buang air. Pastikan kamu rutin membersihkan kotak pasir dan area tempat makan mereka.

Pastikan juga, lingkungan itu bersih dari alergen, debu, dan polusi dari luar. Ini sebabnya, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan air purifier pet friendly di rumah.

Selain melindungi pernapasan kamu dari bahaya bulu-bulu anabul, juga memperpanjang usia kucing kamu dan membuatnya betah di rumah. Kamu bisa memilih smart air purifier一Levoit Vital 100S Pet care.

Dengan teknologi 3-Stage Pet Allergy Filtration, Levoit Vital 100S dapat melindungi udara rumah dari ancaman debu, alergen, dan virus tak terlihat. Air purifier ini bisa membersihkan 99,97 persen partikel 0,3 mikron一sekecil partikel asap.

Selain itu, teknologi High-Efficiency Activated Carbon Filter, dapat menetralkan bau tak sedap dari hewan peliharaan.   Lingkungan yang bersih ini akan membuat kucing merasa lebih nyaman dan aman di rumah.

Levoit Vital 100S bisa didapat diPet Expo (IIPE) di Ice BSD Hall 9, booth D76, mulai 6 September hingga 8 September 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait