Rio Dewanto Ternyata Buta Warna Parsial Sejak Kecil, Gagal Kuliah Desain Grafis

Supriyanto | 7 September 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di balik penampilannya yang prima sebagai seorang aktor, Rio Dewanto ternyata menyimpan kekurangan di penglihatannya. Ternyata, bintang film 13 Bom Di Jakarta itu mengidap buta warna. Bahkan, kondisi tersebut sudah dirasakannya sejak kecil. 

Hal itu terungkap saat Rio Dewanto hadir sebagai bintang  tamu dalam podcast yang dipandu oleh komika, Praz Teguh. Di situ, ia menyebut tak bisa membedakan beberapa warna tertentu. 

"Gue buta warna, bro. Iya, karena emang dari lahir, kan," kata Rio Dewanto dikutip dari video yang diunggah YouTube Channel Tuah Kreasi.

Rio Dewanto bercerita jika sebenarnya kendala kesulitan membedakan warna sudah dirasakan sejak kecil dan tak terlalu mengganggu kesehariannya. Sampai pada akhirnya, itu membuat dirinya gagal mengikuti tes masuk kuliah untuk jurusan yang diidamkan. 

"Jadi gue waktu itu tesnya gara-gara gue suka gambar, gue sempet tes kuliah desain grafis. Nah, ada gambar perspektif sama yang kedua tes itu, yang dot-dot (titik-titik) itu, ngelihat di dalamnya ada angka, ada huruf. Gue nggak bisa ngelihat beberapa, banyak halaman yang gue nggak tahu. Nggak kelihatan di mata gue," jelasnya. 

Setelah itu, Rio Dewanto kemudian berkonsultasi dengan sang bunda. Ia pun akhirnya memutuskan untuk memeriksakan kondisi matanya ke dokter spesialis. Hasilnya, berdasarkan pemeriksaan, ayah satu anak itu dinyatakan mengalami buta warna parsial, yakni kondisi tidak bisa membedakan warna-warna tertentu. 

"Setelah itu baru gue ngomong ke nyokap gue, terus akhirnya dibawa ke dokter mata. Dicek, ya emang buta warna parsial. Tapi emang udah banyak gejalanya, dari kecil gue merasakan itu," tandas Rio.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait