Sebelum Meninggal, Puput Novel Dilarikan ke Rumah Sakit dengan Kondisi Tak Sadar

Supriyanto | 9 September 2024 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jenazah Puput Novel dimakamkan di Pemakaman Umum Sanjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (9/9) pukul 09.00 WIB. Mantan penyanyi cilik itu meninggal dunia di usia 50 tahun karena kanker payudara dan kompilasi penyakit dalam.

Baginda, adik mendiang Puput Novel menceritakan, kakaknya mengidap kanker payudara sejak 2021. Sebelum meninggal, Puput Novel sempat dilarikan ke rumah sakit sejak Rabu (4/9) lantaran kondisinya kian menurun.

"Kurang lebih 4 hari ini (di rumah sakit). Sudah drop. Kita pikir masih bisa pulih. Terakhir masuk ICU, pas masuk ICU sudah nggak sadarkan diri," ungkar Baginda kepada wartawan di rumah duka, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (8/9) malam.

Sejak mengetahui idap kanker payudara, Puput Novel melakukan berbagai usaha untuk mengobatinya. Namun, belakangan dokter mendiagnosis Puput Novel juga mengidap komplikasi.

"Sudah lakukan pengobatan, seperti terapi kanker pada umumnya. Sudah melakukan operasi, tapi tidak di luar negeri. Usaha medis sudah kita lakukan," beber Baginda.

Akibat komplikasi yang dialami, Puput Novel kerap sesak napas. Keluarga juga sudah melihat perubahan pada tubuh penyanyi berusia 50 tahun itu.

"Ada komplikasi di jantung dan paru-parunya. Memang terakhir itu dia banyak sesak nafas karena ada komplikasi paru-paru," teramg Baginda.

Keluarga juga tak sampai hati melihat kondisi PuputNovel yang berubah drastis. Bahkan, saat dibawa ke rumah sakit, Puput Novel sudah tidak sadarkan diri.

"Kita ambil tindakan medis, yang terakhir pun kondisi sudah menurun, ya sudah sedikit bersiap-siap ya. Memang benarlah seperti perkiraan, kondisi sudah menurun banget," pungkas Baginda.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait