Momen Youtuber IShowSpeed Dibuat Bingung Saat Batik Diklaim Malaysia

Siti Adisya Kirana | 18 September 2024 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Youtuber asal Amerika, IShowSpeed menerima hadiah sebuah baju batik dari sejumlah warga yang berasal dari Malaysia. Momen tersebut menjadi sorotan netizen lantaran warga Malaysia tersebut mengklaim bahwa baju batik berasal dari negaranya.

Saat itu, Speed yang sedang terduduk di dalam mobilnya menerima baju batik dari seorang warga. Namun, warga tersebut malah mengatakan batik yang dibelikannya itu adalah busana asal Malaysia.

“Ini adalah pakaian tradisional Malaysia. Kamu harus memakainya,” ucap warga yang tidak diketahui namanya.

Namun, Speed dengan cermat mencari tahu asal Batik yang diterima melalui penelusuran Google. Disana, ia menemukan fakta bahwa Batik adalah busana yang berasal dari Indonesia.

“Batik berasal dari Indonesia? Tunggu ini (batik) berasal dari Indonesia atau Malaysia? Tapi subscriber ku mengatakan Batik berasal dari Indonesia. Mengapa orang tadi bilang batik dari Malaysia?’ ujar Speed.

Speed pun merasa bingung dengan situasi ini. Lantas, ia menanyakan kebenaran tersebut melalui seorang supir yang juga merupakan orang Malaysia.

“Bro supir, batik berasal dari Malaysia atau Indonesia?” tanya Speed.

“Batik berasal dari Malaysia, ini adalah pakaian resmi kami,” jawab supir tersebut.

Situasi yang dialami Speed banyak mendapat reaksi dari netizen Indonesia. Banyak yang mencibir jika warga Malaysia selalu mengklaim sesuatu yang berasal dari Indonesia, khususnya Batik.

“Biarin aja ntar juga malu sendiri pas orangnya cek mbah Google,” tulis netizen.

“Kalo udah ada fakta dari UNESCO kenapa masih denial dah,” imbuh netizen.

“Wargany kurang kreatif yaa gituu.. Kebanyakan klaim-klaim karya orang,” tutur netizen lainnya.

“Malaysia tertampar kenyataan saat speed search google,” tulis netizen.

Tambahan informasi, pada 2 Oktober 2009, UNESCO telah resmi menetapkan jika Batik adalah warisan Budaya Takbenda yang dimiliki Indonesia. Dan Batik merupakan budaya yang sangat melekat dengan kebudayaan Indonesia.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait