Pengacara Nikita Mirzani Sebut Hasil USG yang Ditunjukkan Pihak Vadel Bajideh Tidak Sah

Ari Kurniawan | 23 September 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dalam upayanya melawan laporan polisi yang diajukan Nikita Mirzani, Vadel Badjideh menggandeng pengacara Razman Arif Nasution. Pada Jumat (20/9), Vadel dan Razman memamerkan foto USG Laura Meizani atau Lolly, anak Nikita Mirzani, yang mereka klaim sebagai bukti sah.

Sebelumnya, Vadel dituding menghamili Lolly, sehingga pihaknya merasa perlu menunjukkan hasil USG yang menjrlaskan tidak adanya kehamilan. Namun, klaim tersebut langsung ditentang oleh pengacara Nikita, Fahmi Bachmid. Menurutnya, foto USG tersebut tidak dapat dianggap sah karena proses pengambilan gambar tidak disertai oleh wali atau orang tua Lolly.

"Semua kembali ke hukum. Sangat lucu apabila ada anak di bawah umur, belum dewasa, tiba-tiba ada orang lain yang tidak ada kaitannya dengan orang tua anak tersebut menyajikan bukti hukum," ungkap Fahmi, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (21/9).

Fahmi menjelaskan bahwa anak di bawah umur tidak diizinkan melakukan perbuatan hukum tanpa didampingi oleh orang tuanya. Ia merujuk pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang Perlindungan Anak yang disebutkan telah dilanggar oleh Vadel dalam laporan Nikita. Pasal 76D UU 35/2014 melarang kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap anak untuk memaksa mereka melakukan persetubuhan.

"Jadi tidak ada gunanya itu semua (bukti USG). Semua kembali ke KUHP dan ke UU Perlindungan Anak. Anak yang dewasa itu berumur 18 tahun. Apabila anak di bawah umur, maka tidak sah secara hukum," tegasnya.

Terkait kondisi Lolly, Fahmi menyatakan bahwa kondisi mental dan fisik remaja tersebut kini lebih stabil dibandingkan sebelumnya. Kesehatannya sedang dijaga agar dapat menjalani visum dengan baik.

Visum untuk Lolly sebelumnya direncanakan dilakukan pada 19 September setelah penjemputan oleh Nikita di apartemennya di Bintaro, Jakarta Selatan. Namun, visum batal dilakukan karena kondisi fisik Lolly yang tidak memungkinkan.

"Visum dalam waktu dekat akan dilakukan dan itu jadi kewenangan penyidik. Yang jelas dia (Lolly) sehat dan tidak ditahan. Dia di bawah perlindungan Nikita Mirzani," jelas Fahmi, menegaskan bahwa Lolly kini sudah stabil secara emosional.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait