Jonathan Christie hingga Viktor Axelsen Meriahkan BDMNTN XL, Bulutangkis 3 on 3 

Supriyanto | 25 September 2024 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemain kelas dunia bulutangkis ikut berpartisipasi dalam event BDMNTN XL yang digelar selama empat hari, 31 Oktober hingga 3 November 2024 di Istora Senayan. 

Pemain kelas dunia yang hadir diantaranya juara All England 2024 Jonathan Christie, peraih medi emas Olimpiade 2020 Greysia Polii, Fajar Alfian, Viktor Axelsen dan Ratchanok Intanon.

Acara pembuka, “Kick Off – Ceremony BDMNTN-XL,” digelar pada 24 September 2024 di Fairmont Hotel Jakarta.

BDMNTN XL merupakan olahraga yang mengadaptasi bulutangkis dengan format berbeda yakni 3 on 3. Di perhelatan nanti akan ada 4 tim yakni Blitzers, Hurricanes, Lightning dan Rockets.

Masing-masing tim terdiri dari 7 pemain (4 pria dan 3 wanita), akan bertarung dalam format waktu yang penuh aksi. Setiap pertandingan terdiri dari 4 set berdurasi 10 menit atau quarter, dengan tiebreaker sudden death jika skor imbang 2-2.

Untuk menambah keseruan setiap atlet akan dipandu oleh kapten dari non pemain, yang akan memainkan peran penting dalam merancang strategi kemenangan, mulai dari pemilihan pemain hingga pembobotan pertandingan. 

Pemain akan dipilih melalui sistem snake, di mana kapten memilih bintang mereka secara bergantian.

Hendra Setiawan, atlet kebanggaan Indonesia dan peraih medali emas Olimpiade Beijing yang meramaikan kompetisi ini mengaku senang. Menurutnya, BDMNTN XL unik dan belum pernah dilakukan.

"Saya senang sekali bisa berpartisipasi dan ini pertandingan yang benar-benar beda, Biasanya di Sudirman Cup formatnya single, double dan ganda campuran namun di event ini ada format 3 on 3. Ini pertandingan pertama kali dan mungkin bisa menjadi sejarah ke depannya. Saya harap kompetisi ini bisa berlanjut terus karena 3 on 3 itu seru," ungkap Hendra Setiawan dalam jumpa pers di Kawasan Senayan, Selasa (24/09).

Para pemain BDMNTN XL akan merebutkan hadiah hampir USD 1 juta. Kompetisi ini diperkirakan akan sangat ketat, dengan penampilan tingkat tinggi dari setiap atlet. 

Fajar Alfian yang turut partisipasi dalam event ini mengaku sangat antusias mengikuti kompetisi tersebut. Hal berbeda lanjutnya, akan dirasakan selama ajang ini berlangsung. 

Jonathan Christie hingga Viktor Axelsen Meriahkan BDMNTN XL, Bulutangkis 3 on 3 

"Tidak pernah saya alami, pertandingan yang begitu beda dengan menyuguhkan berbagai macam format. Terima kasih atas dukungan SPOTV sehingga saya bisa hadir meramaikan kompetisi ini," katanya penuh semangat. 

Di BDMNTN XL Ini untuk pertama kalinya penggemar badminton bisa menyaksikan pasangan ganda yang berbeda sebagai bagian dari sistem draft.

Turnamen ini akan menjadi perayaan bulu tangkis yang paling menarik, dan SPOTV akan menjadi mitra siaran resmi. Selain memberikan liputan langsung, SPOTV akan menyiarkan konten lainnya seputar para pemain dan tim. 

“Kami sangat antusias bisa menyelenggarakan turnamen ini dan membawa pemain-pemain hebat untuk berkompetisi di panggung internasional,” ujar CEO SPOTV, Lee Choong Khay (CK).

Untuk tiket BDMNTN-XL sudah bisa didapatkan di tiket.com dengan lima kategori tempat duduk: Superfans, VVIP, VIP, CAT 1, dan CAT 2.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait