2 Kali Gagal Lolos Senayan, Giring Ganesha Kini Duduki Wakil Menteri Kebudayaan Pemerintahan Prabowo - Gibran

Indra Kurniawan | 21 Oktober 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Prabowo Subianto menunjuk mantan vokalis grup musik Nidji yang juga anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia, Giring Ganesha Djumaryo, untuk mengisi kursi Wakil Menteri Kebudayaan Kabinet Merah Putih. 

Kakak ipar Tyna Dwi Jayanti ini mendampingi politikus Partai Gerindra, Fadli Zon, yang dipilih Prabowo menduduki kursi Menteri Kebudayaan selama lima tahun ke depan. Bagi Giring, ini babak baru dalam perjalanan karier politiknya.

Terjun ke belantara politik usai hengkang dari Nidji, Giring tercatat tergabung dalam relawan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014.


Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, Giring juga menjadi relawan calon gubernur dan calon wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. 

Pada 2019, Giring resmi bergabung dengan PSI dan maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg 2019) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I.

Tapi apa mau dikata, walau mengantongi 47.069 suara, Giring harus mengubur mimpinya menjadi wakil rakyat di Senayan, karena PSI tidak memenuhi ambang batas parlemen.

Pada 11 November 2021, Giring dipercaya menjadi Ketua Umum PSI, menggantikan Grace Natalie. Pada 25 September 2023, Giring harus merelakan posisi Ketua Umum PSI untuk putra bungsu Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Prabowo Subianto diapit pasutri Giring Ganesha dan Cynthia Riza. (Instagram/tabloidbintang.com)

Giring pun menempati jabatan anggota Dewan Pembina PSI. Pada Pileg 2024, suami Cynthia Riza kembali maju menjadi caleg dari PSI untuk dapil Jabar 1. 

Lagi-lagi, Giring gagal melenggang ke Senayan usai suara Parlemantery Treeshold dari PSI tidak mencapai batas aman sebesar 4 persen. PSI hanya mengantongi 2,8 persen. 

Setelah tak lolos, Giring kembali mencoba peruntungan di dunia musik dengan manggung dari satu panggung ke panggung lain hingga merilis single. Kini Giring mengemban tugas baru Wakil Menteri Kebudayaan yang tentu tidak akan mudah baginya.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait