Duduk di Komisi X DPR RI, Melly Goeslaw Upayakan Peningkatan Pengarsipan Seni Melalui Perpustakaan 

Indra Kurniawan | 25 Oktober 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Melly Goeslaw merasa bersyukur ditempatkan di Komisi X DPR-RI, sesuai yang diharapkan. Komisi ini membidangi urusan pendidikan, olahraga, sains dan teknologi. 

Rapat paripurna ke-5 DPR-RI yang digelar pada Selasa (22/10) lalu resmi menetapkan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk periode 2024-2029. Salah satu komisi yang paling mencuri perhatian adalah Komisi X. 

Di komisi itu bertengger nama-nama populer dari industri hiburan Tanah Air. Melly Goeslaw dari Fraksi Partai Gerindra salah satunya. Kehadirannya di Komisi X tentu menambah daya tarik tersendiri, mengingat peran komisi ini sesuai bidang yang dikuasainya.

Banyak harapan yang ingin Melly wujudkan lewat Komisi X. Salah satunya meningkatkan pengarsipan seni melalui perpustakaan. Hal itu katanya penting untuk dilakukan untuk memperkuat identitas budaya nasional.

"Seni merupakan elemen penting sebuah budaya yang membentuk identitas bangsa. Namun begitu perhatian terhadap pelestarian dan pengarsipannya di Indonesia masih sangat minim," kata Melly dikutip dari akun Instagram DPR RI.

"Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan pengarsipan seni melalui perpustakaan. Dengan menyajikan katalog karya seni, lengkap dengan informasi pencipta dan deskripsi karya sekaligus," lanjutnya. 

"Langkah tersebut penting untuk memperkuat identitas budaya nasional dan mendukung promosi budaya di kancah global," Melly menyatakan harapannya.

Adapun mitra kerja Komisi X yang diketuai oleh Hetifah Sjaifudian yakni Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi, Kementerian Kebudayaan, Kemenpora, Perpusnas, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain di Komisi X, Melly Goeslaw juga anggota di Badan Kerja Sama Antar Parlemen yang diketuai oleh Mardani Ali Sera dari Fraksi PKS. Di Badan tersebut, Melly akan ikut berperan aktif dalam memperkokoh posisi Indonesia dalam percaturan internasional.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait