Mengenal Cak Budi yang Dibicarakan karena Membeli Mobil Toyota Fortuner dan iPhone 7 dari Uang Donasi

Binsar Hutapea | 2 Mei 2017 | 20:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Cak Budi, pemilik akun Instagram @cakbudi_,  menjadi pembicaraan lantaran mengaku telah menyalahgunakan uang hasil penggalangan donasi untuk membeli Toyota Fortuner dan telepon seluler iPhone 7. Lewat akun Instagramnya, Cak Budi menyampaikan permohonan maaf atas perbuatannya.

“Cak Budi  ingin memohon maaf karena telah mengecewakan banyak pihak dengan cara dan keputusan penggunaan uang donasi, serta minimnya transparansi seputar hal ini. Meski niat saya sepenuhnya untuk melancarkan kegiatan amal, saya paham bahwa tindakan ini tidak tepat karena tidak dikomunikasikan terlebih dahulu kepada donatur. Atas kekhilafan ini, saya sekali lagi memohon maaf,” tulis Cak Budi, Senin, (1/4).

Siapa sebenarnya Cak Budi? Nama aslinya adalah Budi Utomo. Dalam wawancara dengan Tabloid Bintang Indonesia pada Maret lalu, Cak Budi mengaku bernama lengkap Budi Utomo dan berprofesi sebagai seorang usahawan. 

Kegiatan penggalan donasi Cak Budi bermula dari kebiasaannya dan sang istri berkeliling Kota Malang, Jawa Timur, untuk memberikan bantuan berupa sembako atau donasi uang kepada yang membutuhkan, terutama lansia dan duafa. Bantuan tersebut berasal dari kantong pribadi Cak Budi.

Foto dan video kegiatannya itu kemudian diunggah ke akun Instagram Cak Budi. Ternyata, unggahan tersebut direspons hangat netizen. “Saya pilih Instagram karena sedang booming. Apa yang kami lakukan ternyata menginspirasi banyak orang,” ujar Cak Budi.

Mendapat sambutan positif, Cak Budi makin mengintensifkan kegiatan sosialnya. Wilayah yang mendapat bantuan Cak Budi pun tak hanya sekitar Malang. “Bahkan sampai ke luar Jawa. Saya pernah memberikan bantuan ke Palu, Riau, dan Makassar. Pokoknya, selama masih ada banyak orang yang membutuhkan, saya siap memberikan bantuan,” ujar Cak Budi.
        
Belakangan banyak yang menitipkan donasi kepada Cak Budi. “Tapi saya enggak menggalang dana (terlebih dulu), lalu diberikan kepada yang membutuhkan. Saya biasanya langsung memberikan (donasi titipan)  kepada yang membutuhkan,” beri tahu Cak Budi. 

Sempat mendapat pujian karena aksi donasinya, kini Cak Budi malah dicaci maki netizen karena pengakuannya menyalahgunakan donasi.

 

(bin/bin)

 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait