Sandhy Sondoro Mengharumkan Indonesia Lewat Festival Musik Internasional

Rizki Adis Abeba | 20 Agustus 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sandhy Sondoro (43) kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang festival musik internasional. Kali ini, ia meraih gelar Grand Prix di ajang White Nights of St. Petersburg, yang digelar pada 8-10 Juli lalu di Rusia.

Kemenangan ini didedikasikan Sandhy untuk bangsa Indonesia, menjelang perayaan ulang tahun kemerdekaan ke-72.

“Saya ingin berjuang untuk Indonesia, negara saya, bangsa saya. Saya ingin membuat harum nama Indonesia,” seru Sandhy Sondoro.

Di samping itu, Sandhy menganggap lomba menyanyi profesional ini ajang uji nyali. Pencetak hit “Malam Biru” itu membuktikan berhasil keluar dari zona nyaman. Ia berkeyakinan, zona nyaman membuat seseorang malas berpikir. Sedangkan karya-karya yang bagus acapkali lahir dari kondisi paling sulit.

Perjalanan Sandhy sebagai musisi dimulai saat ia menjadi mahasiswa di Berlin, Jerman. Di Negeri Panser, ia dituntut memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Salah satunya, dengan mengamen. Kehidupan keras di Berlin pula yang mengubah sifat pemalunya menjadi percaya diri.

“Dulu saya tidak pernah mau kalau disuruh menyanyi, malu. Tapi hidup di Jerman membuat saya memiliki prinsip tegas, ya atau tidak. Jangan malu-malu kalau tidak mau peluang diambil orang,” ujar Sandhy di kantor Bintang, Jakarta, pekan lalu.

Sebelum memulai karier di Tanah Air pada 2009, ia dikenal publik Eropa lewat berbagai kompetisi menyanyi. Salah satunya, Stefan Sucht den Super Grand Prix Star, sebuah festival menyanyi bergengsi di Jerman. Di festival itu, Sandhy menembus lima besar. Namanya makin melambung ketika menjuarai ajang New Wave pada 2009, yang dihelat di Pantai Yurmala, Latvia. Kemenangan itu menggema hingga ke Indonesia. 

Hingga kini, Shandy melahirkan enam album, termasuk album berbahasa Jerman. Tahun ini, salah satu personel Trio Lestari itu akan merilis album ketujuh. “Album terbaru saya nanti berjudul A Beautiful Soul, saya dedikasikan untuk adik saya yang meninggal pada Februari lalu,” lanjut dia.

Sebagai penyanyi yang dibesarkan di ajang festival musik internasional, Sandhy berharap bisa mendapat dukungan nyata dari pemerintah.

“Kita membawa nama negara dan membuat bangga bangsa Indonesia. Saya tidak mengharapkan apa-apa. Yang penting, saya buktikan. Tanpa banyak bicara tapi bisa membawa harum nama Indonesia. Mudah-mudahan ke depan saya diberi dukungan secara nyata oleh pemerintah,” demikian Sandhy berharap.

 

(riz / gur)

 

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait