Gerakan Olahraga untuk Mengatasi Otot Leher dan Bahu yang Kaku (bagian 2 -habis)

Yuriantin | 24 Februari 2018 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebiasaan duduk berjam-jam di depan layar komputer rentan menyebabkan bahu dan leher menjadi tegang. Akibatnya otot bahu dan leher akan tegang dan menimbulkan rasa sakit. Berikut enam gerakan peregangan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. 

Shoulder Blade Squeezes

Gerakan ini bisa memperbaiki postur leher dan kepala. Cara mempraktikkannya mudah. Anda bisa melakukannya sembari duduk atau berdiri. Tempatkan kedua tangan pada sisi tubuh dan biarkan bahu relaks. Dorong bahu ke arah belakang hingga tulang belikat seperti teremas. Tahan selama beberapa detik dan kembali pada posisi awal. Ulangi hingga 10 kali. 

Head Drops

Gerakan ini sangat sederhana namun ampuh mengatasi sakit kepala atau sakit yang timbul pada leher dan bahu. Cara melakukannya, angkat dan dorong kepala ke belakang sejauh mungkin. Lalu, kembalikan kepala ke posisi semula (tegap). Lakukan sembari berdiri atau duduk. Ulangi hingga dua puluh kali.

Standing Wall Stretch

Jika dilakukan dengan rutin, gerakan satu ini akan meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot bahu. Letakkan kedua tangan hingga menyentuh dinding. Mundur beberapa langkah sampai kedua tangan lurus dan tekuk lengan hingga melengkung. Pastikan kedua tangan tidak mendorong tembok. Usahakan pula kedua lengan tidak berada terlalu tinggi dibanding posisi tubuh untuk menghindari cedera. Perhatikan juga posisi tulang belikat, jangan sampai tertarik ke arah depan. Terakhir, jaga posisi bahu tetap di tempatnya, tidak condong ke arah leher. Tahan posisi ini selama beberapa menit. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait