Pameran Herbal, Herb Euphoria Fest Hadirkan 90 UMKM dari Seluruh Indonesia

Supriyanto | 21 Juni 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - 90 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) jenis herbal dari seluruh Indonesia hadir di Herb Euphoria Fest, yang digelar oleh Kementerian BUMN selama empat hari, mulai 20 - 23 Juni 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat.

Puluhan pengusaha UMKM herbal dari seluruh Indonesia itu memamerkan produk unggulannya di Herb Euphoria Fest setelah dikurasi oleh Kementerian BUMN.

Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menyebutkan, industri herbal di Indonesia sangat besar dan punya peluang di pasar dunia.

Mengingat, Indonesia merupakan wilayah yang banyak menghasilkan produk rempah-rempah dan herbal yang kaya manfaat dan khasiat.

“Potensi produk herbal kita untuk go global itu besar sekali, nah jadi kalau kita menyediakan wadah pemasarannya ini fokus untuk produk herbal,” kata Loto Srinaita Ginting membuka Herb Euphoria Fest di Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Loto Srinaita Ginting menambahkan, Herb Euphoria Fest merupakan bagian dari bazaar UMKM indonesia 2024. 

"Kita sudah mulai ini dari 2023, tiap bulan kita lakukan. Tahun 2024 ini kita bawa warna baru digelar secara tematik. April lalu mengangkat fashion nuansa wastra nusantara. Kemudian pada Mei kita mengangkat tema kuliner, Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Bandung dan Medan," jelasnya Loto.

Ada lebih dari 100 jenis produk olahan herbal, jamu, aromatherapy, makanan dan minuman, beauty and wellness, bahkan produk fesyen ramah lingkungan (eco print) dan kerajinan berbasis bahan-bahan alami yang akan memikat mata pengunjung.

Tidak hanya itu, UMKM kali ini juga akan mengadakan kompetisi meracik jamu dan acara menarik lainnya yang dapat dinikmati pengunjung secara gratis, yaitu Pawai Herbal, Business Consulting, Wellness Program yaitu Free Flow Jamu dan Massage Corner.

Herb Euphoria Fest sendiri tak hanya digelar di Jakarta, tapi juga akan digelar di Denpasar, Bali pekan depan. Loto berharap omzet dari pameran ini bisa melampaui capaian bazar sebelumnya.

Ihsanuddin Usman dari BUMN selaku penyelenggara mengaku bangga bisa terlibat dalam penyelenggaraan Herb Euphoria Fest 2024 sebagai bentuk dukungan pengembangan UMKM.

“Herb Euphoria Fest dipilih sebagai tema Bazar UMKM karena produk herbal memiliki pasar yang sangat besar dan Indonesia sebagai negara tropis memiliki sumber daya alam dan budaya pengelolaan herbal yang luar biasa, yang berkontribusi besar terhadap keberagaman produk UMKM lokal. Sebagai anak bangsa, kita harus dukung Herb Euphoria Festival,” ucap Ihsanuddin Usman sekaligus menjabat direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelindo itu.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait