Qolbu Almarifah, Usia 18 Tahun Sudah Nekat Buka Bisnis Rental Mobil Motor di Jakarta

Supriyanto | 18 Juli 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memulai bisnis atau usaha di usia muda bukanlah suatu hal yang mudah untuk diwujudkan, mengingat kurangnya pengalaman dan sumber daya yang dimiliki.

Untuk memulai usaha terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi, entah itu akan sukses atau sebaliknya, usaha akan gagal. 

Namun bukan berarti membangun dan menjalankan bisnis tidak dapat direalisasikan. Seperti halnya Muhammad Qolbu Almarifah, seorang selebgram yang berani memulai bisnis sewa kendaraan di usia 18 tahun.

Bisnis rental kendaraan yang dijalani sekarang sudah berkembang. Padahal motivasinya hanya ingin sekedar membeli mobil sendiri agar bisa dipakai mudik untuk membuat keluarga bahagia.

"Saya pengin beli mobil untuk kepentingan keluarga agar bisa pulang kampung," buka Mujammad Qolbu Almarifah kepada wartawan belum lama ini.

Lahir pada 14 Januari 2003, pria yang akrab disapa Qolbu itu mengalami jatuh bangun untuk bisa sampai di titik sekarang. Pada 2021, ia melangkah dengan menjalani bisnis di dunia fesyen.

Setelah bisnis fesyen berkembang, Qolbu kemudian menjajal bisnis sewa atau rental kendaraan. Tak pernah disangka olehnya, bisnis sewa kendaraan di kota besar ternyata cepat berkembang.

“Dengan omzet kotor yang mencapai Rp 150 juta per bulan, saya berhasil menabung selama beberapa bulan dari usaha," beber Qolbu.

Setahun berjalan, Qolbu mulai merasakan masalah dari keterlambatan pembayaran. Padahal mobilitas unit sangat tinggi, sehingga kilometernya meningkat secara signifikan.

Karena masalah tersebut, akhirnya Qolbu mengarahkan staf pribadinya untuk membuat akun Instagram yang sesuai dengan bisnis rental mobil.

"Dari sinilah cikal bakal terbentuknya brand transgo.id yang bukan berasal dari saya, melainkan dari ide staf pribadi saya,” jelas Qolbu.

Setelah berjalan sekitar 4 bulan, permintaan pasar untuk rental mobil di Jakarta sangat luar biasa, sehingga transgo.id berkembang dari 1 unit menjadi 10 unit dalam 4 bulan pertama.

Selain itu, Qolbu melakukan ekspansi ke bisnis sewa motor di Jakarta, dimulai dengan satu unit Yamaha R15. Dalam satu bulan pertama bertambah menjadi tujuh unit.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait