Personalisasi Gaya dengan Produk Mode dari Macrame

Alam Mary | 17 Agustus 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kerajinan tangan macrame semakin populer. Dan macrame saat ini hadir dalam wujud benda fungsi yang luas. Tidak lagi sebatas benda dekorasi standar seperti hiasan dinding atau tirai, kerajinan yang mengandalkan kemampuan simpul menyimpul tali ini juga disulap menjadi item fashion yang dapat membuat penampilan seseorang lebih bergaya. Tas macrame merupakan salah satu yang terfavorit!

Brand lokal kerajinan macrame, Macrame.qu, yang pada awal mula berdiri di tahun 2018 lebih fokus pada produksi dekorasi seperti tirai, wall hanging, kap lampu, gantungan pot, dan lain-lain pun kini memperluas kreasinya hingga ke produk fashion. Tas tumbler, tali masker, strap kamera, dan tentu saja, aneka tas wanita yang sangat bergaya dan fashionable.

Selain karena keunikannya, salah satu faktor yang membuat tas macrame disukai banyak orang, yakni karena kemampuannya untuk dipersonalisasikan. Tas macrame seringnya tidak dibuat ready stock. Melainkan bisa dibuat sesuai permintaan pembeli. Mulai dari ukuran, warna, hingga penambahan bentuk-bentuk khusus. 

Misalnya, seorang pecinta kucing, maka dia bisa memesan tas macrame secara khusus dengan penambahan motif kucing. Atau misalnya ada seseorang yang ingin memesan dompet. Maka dia bisa menyebutkan warna atau kombinasi warna yang diinginkan.

Namun seperti kebanyakan kerajinan tangan bernilai seni, proses produksi tas macrame yang dipesan khusus membutuhkan waktu tertentu. Bisa cepat. Bisa juga cukup lama hingga berhari-hari. Semua tergantung tingkat kerumitan dan ukurannya. 

Personalisasi Gaya dengan Produk Mode dari Macrame

Tesa Damayanti, owner Macrame.qu mengungkapkan, bahwa banyaknya permintaan sempat membuatnya kewalahan. Dari situ Tesa kemudian merekrut artisan-artisan lain untuk turut melancarkan produksi tas macrame di Macrame.qu. 

Kendati demikian, kesabaran peminat macrame tetap dibutuhkan demi kesempurnaan hasil karya yang dikerjakan artisan. Ya, ketimbang dikerjakan terburu-buru dan hasilnya tidak memuaskan? 

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait