Pesta Pra-Pernikahan Anak Miliarder India Mukesh Ambani Sudah Habiskan 19 Triliun

Binsar Hutapea | 10 Juli 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anant Ambani (29), putra dari orang terkaya Asia Mukesh Ambani, akan menikah dalam acara selama tiga hari dari 12-14 Juli di Jio World Convention Centre, Mumbai.

Meski pernikahan baru digelar bulan ini, pesta pra-pernikahan sudah dimulai sejak Maret di Jamnagar, Gujarat. Sebanyak 1.200 tamu hadir--termasuk mantan pemimpin dunia, konglomerat, dan bintang-bintang Bollywood--menghadiri pesta selama tiga hari yang melibatkan pertunjukan senilai 6 juta dolar AS (sekitar Rp97,5 miliar) yang menampilkan Rihanna sebagai penampil.

Di antara tamu-tamu tersebut adalah mogul teknologi seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg, serta bintang-bintang Bollywood Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone.

Pada Mei, keluarga Ambani dan para tamu melakukan pelayaran pra-pernikahan selama tiga hari dari Italia ke Prancis. Acara ini menampilkan David Guetta sebagai DJ, serta penampilan dari Katy Perry, Backstreet Boys, dan Pitbull.

Biaya berlayar tersebut dilaporkan mencapai lebih dari 900 juta dolar AS (sekitar 14 triliun).

Menurut Forbes, Mukesh Ambani (66) adalah orang terkaya kesembilan di dunia dengan kekayaan bersih sebesar 123,4 miliar dolar AS. Dia memimpin Reliance Industries, sebuah konglomerasi di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

Calon istri Anant, Radhika Merchant (29 tahun) adalah putri dari pengusaha farmasi Viren Merchant, yang memiliki kekayaan bersih sekitar 90 juta dolar AS. Dia menjabat sebagai direktur pemasaran untuk perusahaannya, Encore Healthcare.

Anant dan Radhika dikenal diperkenalkan oleh teman-teman mereka pada tahun 2017.

Perayaan pra-pernikahan terbaru dan terakhir pasangan ini diadakan di Mumbai dan termasuk pertunjukan oleh Justin Bieber. Penyanyi asal Kanada tersebut dilaporkan dibayar 10 juta dolar AS (sekitar Rp162 miliar) untuk penampilannya.

Adapun pernikahan Ambani minggu depan diharapkan akan dihadiri oleh lebih banyak bintang, pemimpin dunia, dan konglomerat.

Kemewahan pernikahan ini telah menarik kritik dari sejumlah netizen, sebagian besar dari mereka membandingkan pesta mewah ini dengan situasi orang miskin di India yang "hanya memiliki cukup uang untuk bertahan hidup".

"India memiliki ratusan juta orang miskin yang berjuang hidup tanpa makanan yang layak, atau bahkan air. Sementara itu, Mukesh Ambani menghabiskan jutaan dolar untuk pesta pra-pernikahan putranya," demikian salah satu komentar.

Namun, banyak yang lain berpendapat bahwa Mukesh adalah orang yang berhasil mandiri, telah menghabiskan 40 tahun untuk mengembangkan perusahaan ayahnya menjadi konglomerasi seperti saat ini, dan berhak menghabiskan kekayaannya sesuai keinginannya.

"Mereka mempekerjakan ribuan orang, membayar pajak korporasi, dan berbagi kekayaan mereka dengan yang kurang beruntung!" demikian dikemukakan seorang netizen.

Mukesh dan istrinya, Nita, baru-baru ini mengadakan pernikahan massal untuk 50 pasangan tidak mampu menjelang pernikahan putra mereka.

Dengan menyebut contoh tersebut, banyak orang lain mendukung bagaimana keluarga tersebut memilih merayakan secara mewah pernikahan anaknya. 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait