Sutradara Bollywood Dipecat dari Organisasi karena Dituding Melakukan Pelecehan Seksual

Supriyanto | 16 September 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industri film Bollywood dihebohkan dengan kabar soal pelecehan seksual. Sutradara Arindam Sil dituding bertindak semena-mena, melakukan pelecehan terhadap pemainnya, seorang aktris wanita.

Aktris yang mengaku korban pelecehan dari sutradara itu mengadu pada lembaga bantuan hukum West Bengal Commission for Women (WBCW).

Leena Gangopadhyay, ketua WBCW mengatakan korban yang tidak disebutkan namanya menyebut jika Arindam Sil menciumnya di depan umum selama syuting film.

"Aktris itu memberi tahu kami bahwa karena dia dipermalukan di depan umum, dia menginginkan permintaan maaf publik secara tertulis. Sil awalnya ingin mengatakan bahwa itu adalah tindakan yang tidak disengaja. Namun, akris itu protes karena dia mengatakan bahwa sutradara bahkan bertanya apakah dia suka dicium. Kemudian dia setuju untuk mengubah kalimat dalam surat itu. Tidak ada pertanyaan tentang kami memaksanya untuk menghapus kata apa pun," ucap Leena Gangopadhyay dilansir dari Times Of India.

Soal tudingan pelecehan seksual itu, Arindam Sil memberikan klarifikasi. Ia mengaky apa yang dilakukannya adalah hal tak disengaja.

"Tidak ada yang ada dalam pikiran saya saat ini. Hati nurani saya sangat jernih. Saya minta maaf jika dia merasa tidak enak atas tindakan saya yang tidak disengaja. Saya mencari nasihat ahli. Selebihnya, saya serahkan pada waktu. Orang punya hak untuk mengatakan apa pun yang mereka inginkan. Namun, saya rasa mereka tidak tahu kebenarannya," jelas Arindam Sil.

Aktris tersebut menceritakan detail kejadian di mana Sil awalnya memintanya duduk di pangkuannya. Insiden dugaan pelecehan itu terjadi di sebuah resor pada 3 April 2024 saat syuting 'Ekti Khunir Sandhane Mitin'.

"Pertama, dia (sutradara)meminta saya duduk di pangkuannya. Saya menolak dengan keras. Namun, dia memerintah dengan nada keras, 'Saya bilang - duduk!' Dia begitu mengintimidasi sehingga saya tidak tahu bagaimana cara menolaknya. Setelah saya duduk, dia mencium pipi saya. Saya terkejut tetapi tidak tahu harus berbuat apa. Saya segera menjauh, sementara dia berpura-pura tidak bersalah, seolah-olah tidak terjadi apa-apa... . Orang-orang tersenyum seolah-olah itu semacam lelucon," ungkap aktris tersebut.

Si korban merasa apa yang dikatakan Arindam Sil meminta maaf kepadanya "sangat menyedihkan".  Sil meminta maaf kepadanya secara tertulis dan kemudian menipu media dengan mengklaim bahwa dia telah menciumnya secara tidak sengaja. 

"Jika seorang predator bisa melakukan hal ini setelah meminta maaf kepada saya, saya harus mencari nasihat hukum," beber aktris tersebut.

"Rumah produksi meyakinkan saya bahwa insiden seperti itu tidak akan terulang dan mereka akan menjamin kehadiran seseorang dari pihak mereka di lokasi syuting untuk memastikan keamanan saya. Mereka mempercayakan saya dengan keputusan akhir mengenai apakah saya ingin melanjutkan syuting. Dengan jaminan itu, saya kembali syuting. Itu adalah pengalaman traumatis bagi saya, tetapi sebagai seorang profesional, saya tidak menghentikan syuting karena itu akan berdampak pada banyak orang lain," ungkapnya.

Aktris yang mengaku alami pelecehan mengajukan keluhan kepada WBCW pada bulan Juli. Sidang awal berlangsung pada tanggal 21 Juli dan berbuntut Asosiasi Sutradara India Timur (DAEI) menangguhkan Sil.

Arindam Sil pun diskors dari Asosiasi Sutradara India Timur (DAEI) menyusul tuduhan pelecehan seksual. Ini adalah tuduhan terbaru dalam serangkaian tuduhan terhadap Sil selama bertahun-tahun. DAEI menyatakan bahwa mereka menemukan "bukti awal" terhadapnya, seraya menambahkan bahwa tuduhan tersebut mencoreng reputasi seluruh organisasi.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait