BBM Naik, Meme-Meme Lucu Bermunculan

Khairiyah Sartika | 18 November 2014 | 16:29 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - HARGA bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mengalami kenaikan, pukul 00.00, Selasa (18/11).

Kabar ini sontak menimbulkan berbagai reaksi dan tanggapan berbeda dari masyarakat. Ada yang segera membawa kendaraan mereka ke pom bensin beberapa jam sebelumnya dan rela mengantri. Ada pula yang cuek, tak khawatir dan santai dengan pemberitaan ini.

Namun di dunia maya dan jejaring sosial, para netizen menanggapi hal ini dengan sedikit sentuhan humor. Dengan cepat, aneka meme lucu muncul menghiasi berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path.

Dalam salah satu meme, ditampilkan sebuah sindiran yang mengambil adegan dari film franchise, "Fast and The Furious". Ini menyertakan ungkapan "Selamat datang di Indonesia. Di mana rokok 16 ribu dibeli, BBM 9 ribu malah didemo."

Begitu pula meme lain yang menampilkan tulisan berbunyi, "Mobil 100an jt lu beli, motor puluhan jt lunaikkin, hp 8 jt lu pake, cafe ratusan rb lu tongkrongin, kopi 50rb lu aduk, chivas 200 rb lu tenggak, rokok 18rb lu isepin. Klasik hotel 400rb lu datengin. bensin naik 2 rb pade berisik kaya emak2."

Dalam meme lain, potongan foto memperlihatkan Jokowi tengah berdiri di podium hendak memberikan pidato. Namun ini disunting dengan kata-kata berbunyi, "BBM resmi naik, biar pada ga demo, saya naikkin juga rok pegawai pom bensinnya." Meme ini pun dilengkapi foto para pegawai pom bensin wanita mengenakan rok mini.

Aktris cantik Nadya Hutagalung ternyata juga ikut terbawa dalam kehebohan meme kenaikan harga BBM ini. Wajahnya disertakan kalimat singkat, "BBM - Batak Batak Manis." Ada pun meme yang mengaiktkan kenaikan BBM dengan biaya nikah.

"BBM naik, biaya nikah naik, tetap semangat mblo!," demikian bunyi meme tersebut.

Terdapat pula meme BBM yang dikaitkan dengan pendapatan pegawai. "BBM naik, salary harus naik."

Mirisnya lagi, terdapat meme yang berbunyi, "Masih mending BBM naik, daripada BBM gak dibales" serta "Sakit mana coba BBM naik? atau BBM cuma di read?"

Ini menjadi pengalaman pribadi kebanyakan saat menggunakan layanan instant messaging, Blackberry Messenger yang tak kunjung dibalas.

Ada pula meme menampilkan kepasrahan terhadap kondisi yang tengah terjadi.

"Berapa pun harganya, ngisinya tetep 10 ribu." Lalu meme yang malah berterimakasih atas kenaikan harga BBM ini.

"Jokowi tetapkan harga premium Rp. 8.500 dan solar Rp. 7.500. Akhirnya BBM naik, terima kasih joko*i setidaknya jumlah orang yang pacaran bisa berkurang di jalan."

Aduh, ada-ada saja ya ide orang menanggapi situasi kenaikan BBM dengan membuat meme seperti ini.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait