NOSTALGIA Sinetron "Jin dan Jun" yang Melambungkan Nama Sahrul Gunawan

Administrator | 17 Maret 2016 | 19:41 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kehadiran serial Jin dan Jun produk PT Tripar Multivision Plus di akhir tahun 90-an, yang dibintangi Sahrul Gunawan, boleh dibilang fenomenal. Digemari pemirsa, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Memang, soal cerita hantu-hantuan, Jin dan Jun bukan yang pertama. Tapi bila bicara sukses, terutama dilihat dari rating serial yang dibintangi Syahrul Gunawan, M. Amien, Robert Syarief, Misye Arsita, Fuad Baraja selalu menduduki peringkat 10 besar. Kalau dirata-rata, Jin dan Jun mematok angka rating 30-an. Dengan prestasi itu, harga jual JdJ juga tinggi, per spot (30 detik) berharga 13 juta rupiah.

Kesuksesan Jin dan Jun ternyata mengilhami PT Tripar Multivision Plus melahirkan epigon, seperti serial Tuyul dan Mbak Yul yang ternyata juga sukses. Kesuksesan dua serial ini kembali memunculkan epigon baru, Jinny Oh Jinny.
     
Jin dan Jun pertama ditayangkan RCTI pada akhir bulan Mei 1996. Hingga saat ini (tahun 1997, saat artikel ini dibuat) sudah ditayangkan sebanyak 78 episode, dan masih terus diproduksi. Saat itu belum zamannya sinetron stripping. Sinetron rata-rata hanya tayang seminggu sekali.

Dalam perjalanan tayangan, Jin dan Jun mengalami beberapa perubahan pemain, seperti tokoh Jin yang awalnya dipegang M. Amien, sempat diganti Robert Syarief (kemudian diselang-seling). Terus, tokoh  Dessy yang diperankan Mira Asmara terpaksa "disekolahkan" di luar negeri karena kehamilan Mira Asmara yang ketika itu baru menikah.

Jin dan Jun secara umum mirip dengan cerita Aladin. Bahkan, bisa dibilang Aladin modern-lah. Inti ceritanya, suatu hari Jun (diperankan Sahrul Gunawan) menemukan sebuah botol tertutup di sebuah pantai. Karena penasaran, Jun iseng-iseng membuka tutupnya dan betapa kagetnya Jun ketika dari botol itu keluar asap yang kemudian menjelma menjadi Jin, yang sudah 300 tahun terhukum dalam botol. Belum hilang kekagetan Jun, Jin itu lantas nyerocos cerita asal usulnya dan bersumpah untuk setia pada Jun.
     
Sejak pembebasan itulah, Jin selalu menemani, melindungi dan membantu Jun maupun keluarganya. Tentu dengan gaya yang lucu.

Berkat sinetron Jin dan Jun nama Sahrul Gunawan melambung tinggi. Sahrul Gunawan yang awalnya model, sukses besar sebagai pemain sinetron. Sukes Sahrul Gunawan sebagai pesinetron berlanjut ketika dia membintang sinetron Pernikahan Dini bersama Agnes Monica, juga judul-judul lain.

(Artikel ini - dengan sedikit revisi - pernah dimuat di Tabloid Bintang, Desember 1997)

 

Penulis : Administrator
Editor: Administrator
Berita Terkait