3 Karakter "Cinta" di Sinetron RCTI, SCTV dan Trans TV

Panditio Rayendra | 27 Maret 2017 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada 3 sinetron sedang tayang, masing-masing di RCTI, SCTV dan Trans TV yang karakter utamanya bernama Cinta.

Nama "Cinta" sebagai tokoh utama sebuah film atau sinetron, populer seiring meledaknya film Ada Apa dengan Cinta? (2002). Karakter Cinta tak hanya melambungkan nama aktris Dian Sastrowardoyo. Sejumlah sineas gemar memakai nama Cinta sebagai karakter utamanya.

Entah saling contek atau murni kebetulan, saat ini sinetron stripping yang tayang di tiga TV swasta berbeda memiliki karakter utama bernama cinta. Seperti kita tahu, di tahun 2017 ini peta persaingan sinetron banyak berubah. SCTV kini berpartner eksklusif dengan SinemArt, Trans TV bekerjasama eksklusif dengan MD Entertainment, sementara RCTI mengandalkan MNC Pictures.

Apa saja sinetron sedang tayang dari tiga PH berbeda itu yang memakai nama Cinta untuk karakter utama?

CINTA DARI SURGA

Sinetron Cinta dari Surga tayang perdana 10 Februari 2017 di RCTI. Sinetron garapan MNC Pictures ini memasang Melayu Nicole Hall sebagai pemeran Cinta, karakter utama. Cinta digambarkan sebagai gadis desa yang lugu. Akibat difitnah, Cinta dan keluarganya terusir dari desanya. Cinta dan keluarganya yang naik sebuah bus, mengalami kecelakaan. Cinta lantas bertemu dengan Revan (Billy Davidson).

Sinetron Cinta dari Surga awalnya stabil di tiga besar, saat tayang di slot super primetime, pukul 19.00 WIB. Tapi begitu menghadapi serangan sinetron SinemArt di SCTV sejak 20 Februari 2017, ratingnya menurun. Kini Cinta dari Surga tayang pukul 22.00 WIB.

Melayu Nicole Hall tak sampai sebulan memerankan Cinta. Di episode 20-an, karakter Cinta diculik dan dimasukkan ke dalam mobil yang kemudian meledak. Setelah dioperasi, wajahnya berubah. Posisi Melayu Nicole Hall digantikan Rosiana Dewi.

ANAK SEKOLAHAN

Sinetron Anak Sekolahan tayang perdana 20 Februari 2017 di SCTV. Sinetron garapan SinemArt ini memasang Natasha Wilona sebagai pemeran Cinta, karakter Utama. Cinta dikisahkan sebagai gadis desa yang polos. Setelah neneknya meninggal, Cinta pindah ke Jakarta. Cinta memiliki saudara tiri yang sangat membencinya, Indah (Megan Domani). Beruntung Cinta selalu dilindungi Bintang (Verrell Bramasta).

Sinetron Anak Sekolahan cukup unggul di tayangan sore, pukul 16.30 WIB. Meski demikian, genrenya kerap berubah-ubah. Awalnya Anak Sekolahan kental akan nuansa remaja, penuh adegan cheerleader, basket dan aktivitas anak muda lainnya. Lalu berubah menjadi drama penindasan di mana karakter Cinta disiksa dengan berbagai cara, termasuk dimasukkan kardus lalu dikubur hidup-hidup. Belakangan Anak Sekolahan sempat menampilkan balap motor.

Natasha Wilona dan Verrell Bramasta cukup berhasil menciptakan chemistry di layar kaca. Entah dalam rangka kepentingan promo atau memang sungguhan, postingan dua artis ini di Instagram membuat banyak orang berpikir terjalin kedekatan khusus di antara keduanya.

HARAPAN CINTA

Sinetron Harapan Cinta tayang perdana 20 Maret 2017 di Trans TV. Sinetron garapan MD Entertainment ini memasang Siti Badriah sebagai pemeran Cinta, karakter utama. Cinta di sini adalah anak penjual gado-gado yang bertekad membahagiakan ibunya. Cinta yang menjadi pekerja kantoran, membuat Sakti (Hengky Kurniawan), bosnya penasaran. Sakti dan Cinta akhirnya menikah tapi ditentang ibunda Sakti. Ibunda Sakti selalu berusaha memisahkan Cinta dan Sakti.

Sinetron Harapan Cinta seolah hendak mengulang sukses sinetron Senandung (MNCTV), yang memasang Hengky Kurniawan dan Siti Badriah sebagai pemeran utama. Sayangnya formula yang berhasil di MNCTV itu, tak berhasil di Trans TV. Memasuki minggu kedua, share yang diraih Harapan Cinta hanya sekitar 3%.

Akting Siti Badriah pun tak banyak menunjukkan perubahan dibanding saat memerankan Senandung dulu.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait