Akhirnya Ada Film Indonesia 2023 yang Meraih 100 Ribu Penonton di Hari Pertama

Indra Kurniawan | 3 Februari 2023 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah mencatat prestasi gemilang di 2022, film Indonesia di bioskop mengalami tren penurunan dari segi jumlah penonton pada Januari 2023. Dari 9 film Indonesia yang edar di Januari, tak ada satu pun yang meraih 100 ribu penonton di hari pertama penayangan.

Angka tertinggi diraih film Hidayah dengan 42.198 penonton, disusul Mangkujiwo 2 (42.160) dan Bayi Ajaib (38.400). Sementara angka terendah dicatat oleh Autobiography yang hanya mengumpulkan 3.104 penonton di hari pertama. Autobiography sendiri sampai saat ini masih tayang di 10 bioskop Tanah Air.

Namun optimisme menyeruak pada Februari ini. Film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JYJJLP) menjadi film Indonesia pertama yang tembus 100 ribu penonton di hari pertama penayangan. Mengutip hitungan dari akun Twitter Bicara Box Office, film yang dibintangi Sheila Dara, Jerome Kurnia, dan Ganindra Bimo itu berhasil menghimpun 123 ribu penonton dan kini menempati peringkat 5 film Indonesia terlaris 2023.

Pencapaian film produksi Visinema Pictures tersebut tidak lepas dari promo yang masif, juga cerita serta penokohan yang kuat dibanding film pendahulunya, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Tidak lupa, jumlah jam pertunjukan JYJJLP di hari pertama terbanyak dibanding film-film lainnya, yaitu lebih dari 2 ribu kali.

Adegan di film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (dok.visinema)

Akankah akhir pekan ini JYJJLP menjadi film Indonesia pertama yang mencapai 500 ribu penonton? Melihat tingginya animo penonton, JYJJLP memiliki potensi sangat besar. Saat ini film Indonesia 2023 dengan penonton terbanyak ditempati oleh Bayi Ajaib dengan 412.999, disusul Mangkujiwo 2 (340.420). 

Seiring dengan filmnya yang sedang tayang di bioskop, para pemainnya: Sheila Dara, Lutesha, dan Ganindra Bimo menyambangi sejumlah bioskop di luar kota. Beberapa bioskop terpilih yang didatangi para pemain sejak kemarin di antaranya DP Mall Semarang, Citra XXI Semarang. Selanjutnya, Sabtu (4/2) besok, giliran bioskop CSB XXI dan CGV Cinemas GCM Cirebon yang akan dimeriahkan oleh Rio Dewanto, Ganindra Bimo, dan Sheila Dara.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait