Om Hao Berharap Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul Jadi Pelajaran Berharga

Supriyanto | 12 September 2023 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari A Kurniawan atau Om Hao dikenal sebagai sejarawan dengan kemampuan spesial, sehingga membuatnya identik dengan hal mistis. Kemampuan yang dimiliki Om Hao adalah retrokognisi, yakni persepsi akan kejadian pada masa lalu atau bisa mengetahui sebuah peristiwa yang telah terjadi pada masa lalu.

Bersama Genta, Dienan Silmy, Mada Zidan dan lainnya, Om Hao makin dikenal netizen lewat program Kisah Tanah Jawa (KTJ). Om Hao dan tim menarik perhatian publik karena melakukan investigasi sejarah dari kisah misteri di pulau Jawa.

Banyak kisah pelusuran Om Hao viral, salah satunya cerita Pocong Gundul yang kemudian diangkat ke layar lebar oleh MD Pictures dengan sutradara, Awi Suryadi.

Tayang mulai 21 September 2023, film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul dibintangi oleh Deva Mahenra, Della Dartyan, Iwa Kusumah, Nayla D Purnama dan Pritt J Timothy.

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul bercerita tentang dukun ilmu hitam, Walisdi manusia jahat yang melakukan ritual kuno berbahaya yang membuatnya menjadi Pocong Gundul. Jika dibiarkan, Pocong Gundul akan bergentayangan dan memakan lebih banyak korban.

“Walisdi adalah tokoh villain yang sangat complex. Saya bersimpati dengan masa kecilnya yang tragis, saya memahami pilihan hidupnya yang sesat hingga menjadi dukun santet yang kejam dan akhirnya saya dibuat takut dengan penjelmaannya sebagai sang Pocong Gundul yang haus nyawa," terang Awi Suryadi belum lama ini.

Sebagai tokoh sentral dalam cerita Pocong Gundul,  Om Hao mengaku senang karena pengalaman spiritualnya bisa memberikan pelajaran penting ke0ada orang banyak.

“Saya senang, pengalaman saya terkait retrokognisi dan cerita tentang Walisdi si Pocong Gundul bisa divisualisasikan ke layar lebar dengan harapan apa yang diceritakan di film ini bisa menjadi pembelajaran," ungkap Om Hao.

"Manusia pada dasarnya terlahir baik, yang membuat jahat akibat pengaruh lingkungan dan keadaan yang memaksa seseorang berubah menjadi penuh amarah dan dendam," pungkas Om Hao.

Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul tayang di bioskop mulai 21 September 2023

Sinopsis Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Hao memiliki kemampuan retrokognisi, sebuah kemampuan melihat kejadian di masa lalu. Dengan kemampuan yang dimiliki Hao, ia menolong seorang siswi SMK bernama Saru yang ternyata hilang di culik sosok pocong dengan kepala gundul yang menyeramkan. 

Bersama seorang sahabat bernama Rida, Hao berhasil menyelamatkan Sari, tapi 
perbuatan Hao ternyata membuat pocong gundul murka. Teror demi teror mengancam keselamatan Hao.

Dengan kemampuannya, ia mengintip masalalu Pocong Gundul, semasa hidup rupanya ia seorang dukun hitam bernama Walisdi.

Manusia jahat yang melakukan ritual kuno berbahaya, ritual yang membuatnya menjadi 
Pocong Gundul. Jika dibiarkan, Pocong Gundul akan bergentayangan dan memakan lebih banyak korban.

Karena itu, Hao harus melakukan upaya terbaiknya untuk menghentikan rencana jahat Pocong Gundul, meski nyawa menjadi taruhannya.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait