Lebih Dekat dengan Madeline Saputra, Penyanyi Sopran Berbakat Indonesia yang Eksis di Eropa

Binsar Hutapea | 13 Juni 2024 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Madeline Saputra, seorang penyanyi sopran berbakat berusia 23 tahun asal Indonesia, eksis mewarnai dunia musik Eropa.

Sejak kecil, Madeline sudah menunjukkan minat besar terhadap musik dan seni. Dia mulai bernyanyi dalam paduan suara yang memperkenalkannya pada musik klasik, yang kemudian mendorongnya untuk mengambil les menyanyi dan piano.

Ia lulus dengan predikat cum laude dalam bidang nyanyian klasik dari Conservatorium van Amsterdam, Belanda.

Saat ini, Madeline belajar di bawah bimbingan Sasja Hunnego dan rutin mengikuti pelatihan serta kelas master dari beberapa penyanyi Benua Biru ternama seperti Margreet Honig, Bejun Mehta, Ira Siff, Barbara Bonney, Roberta Alexander, Alexander Oliver, dan Edu Rojas.

Fleksibilitas musiknya memungkinkannya untuk nyaman dengan berbagai repertoar, mulai dari musik klasik hingga kontemporer.

Baru-baru ini, Madeline tampil di pertunjukan opera kontemporer di Opera Forward Festival yang diselenggarakan oleh Opera Nasional Belanda.

Madelin Saputra

Pada 2023, ia meraih beasiswa dari Kompetisi Opera Europa Eva Kleinitz.

Madeline juga pernah bekerja dengan konduktor seperti Ed Spanjaard, Jeppe Moulijn, dan korepetitor seperti David Bollen dan juga Gerardo Felisatti.

Selain itu, Madeline adalah salah satu pencipta proyek "Rumah" bersama pianis Singapura Elizabeth Goh. Mereka aktif menampilkan karya-karya komposer dari Indonesia dan Singapura di berbagai tempat di Belanda dan Singapura.

Tak sampai di situ, Madeline juga sesekali tampil untuk Radio Nasional Belanda, NPO4, dalam program musik klasik.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait