Sempat Dihujat, Judul Ipar Adalah Maut Disebut Terinspirasi dari Hadis

Indra Kurniawan | 24 Juni 2024 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Ipar Adalah Maut tengah menjadi topik hangat pembicaraan di tengah masyarakat. Hingga hari ke-11 tayang, film ini telah merangkul lebih dari 2,5 juta penonton.

Tak banyak yang tahu, judul Ipar Adalah Maut diberikan oleh Eliza Sifa terinspirasi dari hadis al-hamu al-maut atau ipar adalah maut. Hadis itu diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. 

Eliza Sifa atau yang memiliki nama lengkap Eliza Rohma Puspita adalah seorang kreator konten yang pertama kali memviralkan Ipar adalah Maut, hingga jadi film. 

"Awal bikin aku dihujat, 'Ih judulnya apaan banget sih.' Padahal judul itu aku ambil dari hadis al-hamu al-maut, ipar adalah maut," jelas Eliza dikutip dari Instagram pribadinya, Senin (24/6).

Mengutip Instagram nuonline_id, hadis ini berbunyi, "Berhati-hatilah kalian masuk ke rumah seorang wanita. 'Seorang laki-laki Anshar bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana dengan ipar?' Beliau menjawab, 'Ipar adalah maut'."

Menurut Imam Al-Munawi, alasan Rasulullah saw menyebut kakak ipar yang masuk ke dalam rumah istri adiknya sebagai kematian disebabkan banyak orang yang tidak tahu bahwa kakak atau adik ipar pasangan bukanlah mahramnya. 

Imam An-Nawawi menambahkan mengapa kunjungan ipar ke rumah disebut sebagai kematian karena terkadang bahayanya lebih besar dari orang asing. Apabila suami atau istri tidak begitu waspada, hal-hal yang dapat merusak biduk rumah tangga berpotensi terjadi.

Dalam kisah film Ipar Adalah Maut, Rani (Davina Karamoy) tinggal bersama Nisa (Michelle Ziudith) dan Aris (Deva Mahenra) di rumah mereka. Pernikahan Aris dan Nisa berantakan karena perselingkuhan Aris dan Rani. 

Eliza mendapat kisah nyata tersebut dari seorang perempuan yang curhat lewat DM Instagram. Setelah viral di Instagram dan TikTok, kisah itu kemudian diangkat ke layar lebar oleh MD Pictures dan mendapat respons luar biasa dari jutaan penonton.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait