Voice of Baceprot, Band Metal Berhijab Asal Indonesia Tampil di Glastonbury

Nur Aprilia Putri | 29 Juni 2024 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketiga gadis ini mulai membuat musik metal sejak di bangku SMA, namun mereka tidak pernah menyangka bahwa mereka dapat membuat sejarah bagi Indonesia di Glastonbury.

Band yang mereka bentuk, Voice of Baceprot, akan tampil di festival tersebut tahun ini. Saat mengetahui bahwa mereka diundang, mereka merasa bingung.

"Karena kami tidak tahu betapa menariknya [festival ini]... Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan selanjutnya," ujar vokalis Firdda Marsya Kurnia.

Tekanan semakin bertambah setelah ketiganya menyadari bahwa mereka akan menjadi band Indonesia pertama yang tampil di festival musik terbesar di Eropa tersebut. Penampil utama di festival yang berlangsung selama lima hari ini antara lain Coldplay dan Dua Lipa.

Voice of Baceprot - yang terdiri dari Marsya, drummer Euis Siti Aisyah, dan bassis Widi Rahmawati - akan tampil pada hari Jumat.

Ketiga gadis ini telah menempuh perjalanan panjang sejak 10 tahun yang lalu untuk bisa sampai di titik ini. Mereka telah menjadi berita utama di dunia internasional karena menantang norma-norma gender dan agama, dan telah melakukan tur internasional, termasuk di Eropa dan Amerika Serikat.

Mereka juga telah dipuji oleh orang-orang seperti Rage Against the Machine, dimana gitarisnya, Tom Morello, mengatakan bahwa ia menonton salah satu video mereka 10 kali berturut-turut dan terpesona olehnya. Flea dari Red Hot Chilli Peppers pernah men-tweet, "Saya sangat terpukau dengan Voice of Baceprot."

Penulis : Nur Aprilia Putri
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait