Perjuangan Sunil Soraya Dapatkan Catatan Harian Menantu Sinting dari Rosi L. Simamora

Indra Kurniawan | 15 Juli 2024 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film Catatan Harian Menantu Sinting menjadi momen comeback Sunil Soraya di kursi sutradara. Terakhir Sunil menggarap film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck yang rilis 2013.

Awalnya menurut pengakuan Sunil Soraya dalam Konferensi Pers Gala Premiere di Plaza Senayan Jakarta akhir pekan lalu, tak ada niatan darinya menyutradarai Catatan Harian Menantu Sinting. 

Namun semua berubah ketika seorang penulis bernama Donna memberikan buku novel Catatan Harian Menantu Sinting karya Rosi L. Simamora kepada Sunil. 

"Dia bilang coba baca ini buku, bagus, deh. Saya baca. Sehari saya baca langsung saya bilang ini bagus banget. Saya telepon Rosi, saya bilang ceritanya bagus banget, mau dong," cerita Sunil.

"Maaf, udah enggak ada, udah enggak available. Ceritanya udah dijual ke orang lain. Mulai saya ngomel-ngomel, kenapa enggak kasih saya, kamu kan tahu saya bikin komedi Eiffel I'm In Love. Ya saya mana tahu kata Rosi," lanjutnya seru.

Tidak ada kata menyerah dalam kamus Sunil Soraya. Bos Soraya Intercine Films itu bolak-balik telepon Rosi dengan harapan cerita Catatan Harian Menantu Sinting diberikan kepadanya. 

"Saya telepon terus setiap minggu (tapi katanya) udah enggak bisa. Udah enggak ada. Itu sudah terjual," cerita Sunil mengulang percakapan dirinya dengan Rosi kala itu. 

Tetiba suatu hari, hal ajaib datang kepada Sunil Soraya. Rosi menghubungi dirinya untuk mengabarkan cerita Catatan Harian Menantu Sinting batal dibuat film oleh si pembeli sebelumnya.

"Yang beli enggak jadi bikin katanya. Langsung saja saya bilang, datang ke kantor hari ini, kita beresin," jelas Sunil.

Raditya Dika dan Ariel Tatum pemain utama Catatan Harian Menantu Sinting. (Dok. Soraya)

Sunil awalnya akan memulai syuting tak lama setelah mendapatkan cerita tersebut. Namun pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Syuting pun tertunda.

"Ada Covid kami enggak bisa syuting. Jadi kami develop skenario selama beberapa tahun sambil cari sutradara. Cuma selama proses tersebut saya sudah terlibat dan bisa merasakan mengembangkan dunianya film ini," beri tahu Sunil.

"Karena memang saya suka kultur, sejarah, action, dan komedi. Pas saya lihat data, kebetulan ibu saya juga lahir di Medan, jadi saya tahu sedikit-sedikit. Saya pelajari dan saya merasa cukup nyaman kalau saya bikin ini dengan visi saya," lanjutnya.

Film Catatan Harian Menantu Sinting ini menceritakan tentang problematika pasangan baru yang tinggal bersama mertua. Dibintangi Raditya Dika, Ariel Tatum, Robby Purba, dan Raline Shah, film ini siap menyapa penonton bioskop mulai Kamis (18/7) mendatang.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait