Hetty Koes Endang Santai Tanggapi Somasi Richard Kyoto 

Ari Kurniawan | 18 Juli 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hetty Koes Endang disomasi Richard Kyoto terkait dugaan pelanggaran hak cipta lagu "Kasih". Merasa tidak melakukan kesalahan, penyanyi senior itu santai saja menghadapi tuduhan yang dialamatkan kepadanya. 

"Alhamdulillah bunda sampai saat ini ditanggapi dengan tenang aja, yang penting doanya aja," kata Hetty Koes Endang dalam wawancara virtual, Rabu (17/7).

Hetty Koes Endang memutuskan untuk langsung buka suara di hadapan wartawan agar tidak terjadi salah paham di tengah masyarakat. Hetty menganggap somasi yang dilayangkan Richard salah alamat. 

"Soal perizinan itu semua diurus sama penyelenggara acara dan juga Lembaga Manajemen Kolektif di Malaysia bernama MACP," kata Hetty.

Yusuf Faishal, suami yang juga manajemen Hetty Koes Endang, menceritakan keterlibatan istrinya di acara tersebut. Saat itu Hetty diajak oleh penyanyi Siti Nurhaliza selaku penyelenggara acara.

Oleh Siti, Hetty diminta menyanyikan 18 lagu. Salah satunya Kasih, ciptaan Richard Kyoto.

"Untuk perizinan pemakaian lagu itu semua sudah diurus Siti bersama dengan MACP, jadi bukan penyanyi nya yang mengurusi perizinan," jelas Yusuf Faishal.

Yusuf menyebut kalau Hetty tidak perlu melakukan perizinan secara langsung, karena dalam aturan yang berlaku di Malaysia, perizinan semua ditangani oleh penyelenggara dan juga Lembaga Manajemen Kolektif.

"Di sana sama sistem ya kayak Indonesia, jadi kami nggak ada urusan sama komposer dan pencipta lagu. Jadi bisa dibilang, somasi Richard itu salah alamat. Harusnya dia kirim somasi kepada Universal Music Malaysia dan juga Siti Nurhaliza, bukan ke Hetty," paparnya lebih lanjut.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait