Lestarikan Musik Koplo, Cak Sodiq Pilih Manda sebagai Teman Duet

Ari Kurniawan | 19 Juli 2024 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sodiq Monata atau yang biasa disapa Cak Sodiq memperkenalkan talenta baru di industri musik koplo. Manda, dara 19 tahun asal Jakarta, dipilih Sodiq sebagai teman duetnya di lagu berjudul "Saestu".

Bukan tanpa alasan Sodiq memilih Manda. Pria berjuluk Raja Koplo ini berharap Manda bisa meneruskan musik koplo, terutama lagu berbahasa Jawa.

"Koplo itu mungkin identik dengan yang tua-tua, tapi kalau Manda yang nyanyi, anak-anak muda bisa tertarik untuk ikut mendengarkan," kata Sodiq, di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Sodiq mengaku takjub melihat semangat Manda untuk belajar. Meski lahir di Jakarta, menurut musisi 56 tahun itu, Manda cukup mahir membawakan lagu berbahasa Jawa. 

"Dia mau belajar. Kalau notasi sudah bagus, cuma logatnya aja paling. Ya namanya juga orang Jakarta. Tapi saya tertarik dengan dia karena niatnya. Kalau punya bakat tapi tidak ada niat juga ya tidak jadi apa-apa," ucapnya.

"Saestu" sendiri berkisah tentang seseorang yang sulit melupakan cinta masa lalunya. Meski orang itu sudah memiliki pasangan masing-masing, mereka masih tetap menyimpan rasa cinta untuk mantannya.

Selain "Saestu", Sodiq juga menciptakan lagu lain untuk Manda. Manda pun merasa bangga debutnya di dunia musik sudah langsung berkolaborasi dengan musisi legendaris seperti pendiri grup Monata itu.
 
Manda pun berharap bisa terus melestarikan musik berbahasa Jawa mengikuti jejak penyanyi muda lain seperti Lala Widy hingga Niken Salindry.
 
"Kalau rasa grogi pasti ada, apalagi ini pertama kali. Tapi Cak Sodiq selalu beri wejangan," ucapnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait