Gimme The Mic Tahun Kedua TikTok LIVE Gandeng Raisa Sebagai Juri

Indra Kurniawan | 20 Juli 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sukses dengan gelaran pertama tahun lalu, TikTok LIVE kembali menyelenggarakan ajang pencarian bakat nasional untuk jaring bintang musik baru, Gimme The Mic 2024.

Gimme The Mic dihadirkan untuk mencari talenta-talenta muda berbakat yang ingin menjalani karier sebagai musisi profesional. Pertama kali diadakan tahun 2023, kompetisi menyanyi berskala nasional milik TikTok LIVE kali ini mengusung tema "Where LIVE Stars are Born!". 

Bersama para musisi ternama yang menjadi dewan juri tahun ini: Raisa, Eka Gustiwana, dan Budi Doremi, TikTok LIVE akan mencari bintang baru untuk meramaikan industri musik Tanah Air.

"Melihat besarnya potensi yang dimiliki para kreator musik di seluruh Indonesia, kami kembali menghadirkan kompetisi Gimme The Mic untuk membukakan jalan bagi para kreator musik dan masyarakat agar bisa berkarier secara profesional di industri musik," jelas Agna Pradisti Putri, Content, Event, Partnership and Product Operation Lead, TikTok LIVE Indonesia dalam jumpa pers virtual, Kamis (18/7).

Keseriusan TikTok LIVE menggelar Gimme The Mic ditunjukkan dengan menggaet tiga musisi ternama dari industri hiburan Tanah Air sebagai juri. Selain penilaian dari para juri, komunitas TikTok LIVE juga diajak untuk turut memberikan dukungan kepada para peserta terpilih melalui voting di TikTok LIVE.

"Aku pengin nemuin hidden gem (talenta berbakat) yang tersebar di seluruh Indonesia berdasarkan authenticity dan yang kalau nyanyi benar-benar pakai hati," ujar Raisa. 

"Tahun ini, kami siap untuk menemukan bintang baru yang diharapkan dapat memberi warna baru di industri musik Indonesia," tambah Budi Doremi. 

Gimme The Mic tahun lalu menjadi bukti nyata bagaimana TikTok LIVE berhasil membuka peluang bagi semua orang di seluruh Indonesia untuk berinteraksi, menunjukkan bakatnya, dan ditemukan oleh para juri yang merupakan para profesional di industri musik. 

Dari 28 ribu peserta yang bergabung tahun lalu, para juri berhasil menemukan sejumlah talenta musik luar biasa yang telah meramaikan industri musik tanah air dengan karya mereka. 

Eka Gustiwana juga menyampaikan bagaimana TikTok dan TikTok LIVE telah membantu musisi profesional untuk lebih terhubung dengan para penggemar. 

"Saya sangat menantikan kolaborasi dengan pemenang Gimme The Mic tahun ini untuk menghadirkan karya baru di industri musik Indonesia. Saya harap kompetisi ini bisa menginspirasi masyarakat luas agar berani menunjukan bakat mereka," ucap Eka.

Gimme The Mic 2024 berlangsung dari 15 Juli hingga 22 September 2024, dengan dibagi menjadi tiga babak, yakni registrasi, semi final, dan grand final.

TikTok LIVE Gandeng Raisa, Budi Doremi, dan Eka Gustiwana sebagai dewan juri Gimme The Mic 2024. (Indra Kurniawan/tabloidbintang.com)

Peserta akan dipilih berdasarkan penilaian juri dan perolehan poin dari voting. Sementara itu, babak eliminasi akan dilakukan melalui rangkaian LIVE show di TikTok menggunakan fitur multi-guest. 

Enam finalis terpilih yang berhasil lolos akan menjalani masa karantina di Jakarta untuk menerima pelatihan intensif bersama para profesional di industri musik. Keenam finalis pun kemudian akan ditantang untuk menunjukkan bakat mereka secara langsung di konser Grand Final Gimme The Mic 2024 pada 22 September 2024. 

Empat juara akan memperoleh sejumlah hadiah menarik, termasuk uang tunai serta kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi global "Gimme The Mic" bersama pemenang dari negara lainnya. 

Menariknya lagi, juara utama dari kompetisi "Gimme The Mic" tahun ini akan mendapatkan kesempatan untuk merekam dan merilis single yang diciptakan oleh Eka Gustiwana bersama TikTok LIVE dan SoundOn, yang kemudian akan dipromosikan secara global. 

Tahun lalu, pemenang Gimme The Mic asal Sulawesi Utara, Faren Yokung, mewakili Indonesia dalam grand final Gimme The Mic 2023 di tingkat dunia serta meraih penghargaan Most Improve: Rising Star dalam ajang global tersebut.

Proses audisi Gimme The Mic 2024 telah resmi dibuka bagi komunitas TikTok dan masyarakat umum berusia minimal 18 tahun. Untuk mendaftarkan diri, peserta dapat mengunggah video menyanyi lagu Indonesia berdurasi minimal 30 detik dan menyertakan tagar #GimmeTheMic dan #GimmeTheMic_Indonesia, serta mengisi formulir pendaftaran dengan mengakses banner "Gimme The Mic" yang muncul di laman pencarian #GimmeTheMic.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait