Tanah Air Project Goes to School, Membangun Semangat Nasionalisme Sejak Dini

Ari Kurniawan | 23 Juli 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Band rock patriotik Tanah Air Project menggelar tur sekolah berjudul "Tanah Air Project Goes to School". Sebelumnya, band beranggotakan Vialinda, Daniel Mantiri, Gerard Laisina, Ezekiel Rangga, dan Ardika Prayudha, ini telah merilis enam single bertema naionalisme, seperti "Negeri Pemenang", "Kandang Kita", "Anak Indonesia". "Hegemoni", "Selamanya Kita", dan "Song Of Deliverance", di bawah naungan label Aquarius Musikindo.

Tur ini dilaksanakan di lima sekolah menengah atas terpilih di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Tujuannya tidak hanya untuk memperkenalkan musik mereka, tetapi juga untuk membangun dan mempererat rasa persatuan dan nasionalisme di antara generasi muda.

Setiap sekolah yang dikunjungi dimeriahkan dengan penampilan live yang energik dan bersemangat dari Tanah Air Project. Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih dalam tentang makna nasionalisme melalui semangat dan musik yang mereka nyanyikan.

Ezekiel Rangga, yang tidak hanya menjadi motor kreatif di band ini sebagai penulis lagu tetapi juga bertindak juga sebagai produser dari proyek ini, berharap melalui musik mereka, generasi muda dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah dan nilai-nilai kebangsaan Indonesia. "Karya-karya kami tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga sebuah edukasi tentang kekayaan budaya dan semangat patriotisme yang harus dijunjung tinggi," ujarnya.

Tanah Air Project sendiri saat ini semakin diperhitungkan dalam industri musik Indonesia dengan sering tampilnya dalam acara-acara bergengsi seperti Pekan Kebudayaan Nasional, Jakarta Fair Kemayoran, serta Pameran Retrospektif Godbless. Kolaborasinya kali ini dengan session player ternama, Wanda Omar menambah nuansa khusus dalam tur sekolah ini.

"Tanah Air Project Goes To School" didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbudristek Republik Indonesia, Lembaga Pendidikan BAHASO, RizProd Equipment Malang, Q9 Production, Korg Indonesia, PDP Drum Indonesia, Bosphorus Simbal serta Indonesiana TV. Mereka akan singgah setiap harinya di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen (15/7), SMAN 1 Purworejo (16/7), SMK NU Kaplongan Indramayu (17/7), SMAN 2 Cirebon (18/7) dan SMKN 7 Garut (19/7).

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Supriyanto
Berita Terkait