Alfin Habib Bicara Soal Pengkhianatan di Lagu Hilang Saat Terang

Ari Kurniawan | 26 Juli 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alfin Habib kembali menyapa penggemarnya dengan karya terbaru. Kali ini ia merilis single kedua berjudul "Hilang Saat Terang", yang diciptakan oleh musisi asal Tasikmalaya, Dicky Martin. 

"Awalnya, tim Sony Music memberikan opsi tiga lagu dari Kang Dicky kepada aku untuk dipilih. Ternyata, di antara ketiganya, lagu ini yang paling cocok karena sesuai dengan karakter vokal yang aku punya," ujar Alfin Habib.

Tema lagu ini sangat dekat dengan kehidupan percintaan banyak orang, yakni tentang dua insan yang sedang memadu kasih dan berakhir dengan pengkhianatan yang menyisakan perasaan sedih, kevewa, bahkan kemarahan.

"Kenapa dibilang 'dekat dengan kehidupan'?, karena siapa pun pasti pernah mengalami sakit hati karena dikhianati oleh cinta dan 'Hilang Saat Terang' menggambarkan emosi yang terasa saat itu," papar penyanyi asal Deli Serdang, Medan, ini.

Single ini dikerjakan selama kurang lebih satu bulan, mulai dari pengenalan lagu sampai ke proses rekaman. Habib mengungkapkan bahwa tidak ada perubahan, baik dari segi lirik atau melodi, saat pertama kali menerima lagu hingga akhirnya siap rilis pada 26 Juli 2024.

"Hanya ada tambahan beberapa instrumen tertentu supaya musiknya lebih terkesan megah. Selain itu, aku mencoba menghadirkan nuansa Melayu ke dalam lagu ini, namun dengan porsi yang tidak berlebihan sehingga tetap easy listening dan bisa masuk ke selera orang-orang yang mendengarkan," jelas pria yang dinominasikan dalam AMI Awards 2023 untuk kategori Artis Solo/Grup/Kolaborasi
Melayu Terbaik ini.

Dibanding lagu sebelumnya, menurut Alfin Habib, 
"Hilang Saat Terang" memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi tema maupun tempo. 

"Jadi, sudah pasti tidak sama untuk pembawaan lagu dan teknik bernyanyinya, termasuk cara memfokuskan penghayatan lagunya agar pendengar bisa terbawa ke dalam alur cerita lagu tersebut," paparnya.

Tidak hanya memberikan pesan yang dalam, Habib pun berharap lagu ini bisa menjadi penghibur bagi siapa pun yang sedang dikhianati cintanya. 

"Semoga ini bisa menjadi pelipur lara bagi siapa pun yang mengalami hal seperti yang tertuang dalam lirik lagu ini. Selebihnya, semoga 'Hilang Saat Terang' bisa diterima seluruh pecinta musik dari berbagai kalangan," tutupnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait