Wujudkan Mimpi, Govinda Rekam Album Barunya di Abbey Road

Ari Kurniawan | 27 Juli 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grup band Govinda merilis album baru bertajuk "Govinda Live Studio Session - London 2023", yang digarap di studio Abbey Road. Selain digital, Ifan Hadari (vokal), Ade Nurulianto (gitar), Yosafat Luki Marendra (bass) dan Ritchie 'Jeje' Ismail (drum), mengemas karya mereka kali ini dalam bentuk vinyl.

"Kami happy banget, ini penantian panjang dari usaha yang maksimal kami. Ini mimpi yang menjadi nyatanya Govinda. Senang banget pastinya," kata Ifan Hadari, dalam jumpa pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (26/7).

Menurut Ade, album ini mewakili perjalanan karier Govinda selama 16 tahun berkarya. Ia mengaku sangat puas dengan proses dan hasil akhirnya.

"Benar-benar lengkap aja gitu album ini, arransemen dan live recording juga keinginan kita walaupun PR banget, tapi terwujud. Terus mixing di Abbey Road dan bareng sama National Symphony Orchestra," ucapnya.

Penggarapan album Govinda Live Studio Session - London 2023 membuat Luki mengingat lagi perjuangannya bersama rekan-rekan.

"Pas dirilis semalam, ya memikirkan usaha kita melahirkan 12 lagu ini dengan jatuh bangunnya kita, ya merasa jadi sebuah penghargaan lah, makanya kami rilis dalam bentuk vinyl," jelasnya.

Dari 12 lagu yang berada di album tersebut, Govinda mendaur ulang lagu "Pilihlah Aku" ciptaan Denny Chasmala, yang sempat dipopulerkan oleh Kris Dayanti.

"Selama 16 tahun kebelakang kami tidak pernah merilis karya orang lain atau pernah populer pada zamannya. Untuk melengkapi pencapaian tinggi Govinda, kami memilih salah satu lagu meremake lagu yang sejalan dengan album kita, akhirnya memilih lagu Pilihlah Aku," terang Ifan.

Ada banyak orang hebat yang terlibat dalam penggarapan album ini. Proses mixing dilakukan oleh Chris Bolster, engineer yang juga pernah meramu sound audio untuk Placebo, Coldplay, Paul McCartney, Oasis, Take That, Foo Fighters dan lainnya.

Proses mastering album tersebut diakui Ade, Govinda melibatkan Alex Gordon, engineer musik yang juga terlibat dalam proses mastering musisi-musisi dunia seperti The 1975, Keane, Kali Uchis, Liam Gallagher.

"Ini yang jadi pembeda, demi mewujudkan mimpi kami, Govinda melibatkan banyak orang hebat di album ini. Semoga saja bisa disukai banyak orang," kata Ade.

12 lagu di album Govinda Live Studio Session - London 2023:

Episode Bahagia
Karya Seni Favorit
Rindu Menyiksa
Bawa Aku Lari
Satu Frekuensi
Hal Hebat
Rahasia Besar
Cinta Terakhir
Mantan Terbaik
Siapa Yang Pantas
Pilihan Hatimu
Pilihlah Aku

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait