Masih dengan Irama RnB Pop, Farrel Hilal Rilis Single Kedua

Ari Kurniawan | 2 Agustus 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah menghadirkan single debut "Di Selatan Jakarta", Farrel Hilal hadir lagi dengan lagu keduanya, "Take It Slow", yang masih mengusung RnB pop. 

Lagu ini menceritakan perasaan seseorang yang membayangkan rasanya berkendara di malam hari dengan pasangannya sambil mendengarkan lagu slow bersama. Seperti halnya "Di Selatan Jakarta" yang berdasarkan kegiatan sehari-hari Farrel di Jakarta Selatan, "Take It Slow" juga terinspirasi dari kesukaannya mengendarai mobil di malam hari bersama pasangan.

Memakan waktu pengerjaan 3 hingga 4 bulan, mulai dari pembuatan hingga selesai rekaman, "Take It Slow" merupakan satu dari 10 draft lagu yang dibuat pemilik nama lengkap Farrel Hilal Ramadhan ini saat awal bergabung dengan Sony Music Entertainment Indonesia (SMEI). 

"Mungkin di antara 10 lagu itu hanya dua yang dianggap sesuai untuk dimajukan menjadi single, termasuk 'Take It Slow' ini. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya, delapan lagu lain juga akan dirilis. Tentu dengan sedikit perubahan, entah itu pada melodi atau lirik," jelas Farrel.

Salah satu hal yang menarik, "Take Slow" memiliki sound yang nyaris sama dengan lagu debut Farrel. Itu dilakukan Farrel agar terasa ada benang merah dengan karya sebelumnya.

"Jadi, mau bocorin sedikit, single pertama dan kedua ini adalah sebuah proses perjalanan yang akan berujung pada album pertamaku di Sony Music. Karena itu, di semua produksi laguku di fase ini, aku berusaha menaruh satu sound yang sama agar identitasnya tetap ada dan bisa menjadi kesatuan cerita saat disatukan dalam album," jelas cowok kelahiran Jakarta, 27 November 2000, ini.

Farrel menemukan tantangan tersendiri saat mengerjakan "Take It Slow". Salah satunya karena harus mencari melodi yang tepat. 

"Awalnya, ini hanya berupa skit atau lagu pendek dengan durasi sekitar 1-2 menit. Namun, aku disarankan untuk memanjangkan ini menjadi single sehingga ada beberapa sound yang perlu diganti agar saat didengar terasa sesuai sebagai sebuah lagu panjang. Ada satu hal yang aku ubah dan itu cukup signifikan, yaitu memunculkan instrumen brass yang tadinya tidak ada."

Meski baru merilis dua single di bawah naungan label SMEI, penulis lagu "Butuh Bertemu" yang dinyanyikan Jesenn ini merasakan banyak hal yang sudah dia pelajari, terutama berkaitan dengan proses produksi. 

"Bisa dibilang, salah satu hal besar yang aku pelajari adalah produksi lagu yang lebih rapi, sementara dulu masih abstrak karena aku sendiri masih belajar. Sekarang, aku juga sudah mulai memproduseri beberapa penyanyi," pungkasnya.

Single kedua Farrel Hilal, "Take It Slow", bisa didengarkan di platform musik digital mulai 2 Agustus 2024.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait