Libatkan Dewan Juri yang Kompeten, IMAA 2024 Siap Digelar 

Ari Kurniawan | 14 September 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang penghargaan untuk para insan perfilman, Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) kembali hadir. IMAA 2024 menghadirkan 15 kategori penghargaan yang terbagi dalam dua kategori utama dan satu penghargaan spesial.

Setidaknya, ada 8 Kategori Terbaik yang pemenangnya ditentukan berdasarkan dari penilaian Dewan Juri. Kemudian, ada 7 Kategori Terfavorit yang pemenangnya ditentukan melalui hasil voting di aplikasi RCTI+ dan media sosial, periode voting 13 September - 13 Oktober 2024. Selain itu, ada pula 1 Kategori Special yaitu Lifetime Achievement. 

"Alhamdulillah kita seneng banget karena IMAA perjalanannya pasti nggak mudah. Yang bikin seneng tiap tahun tuh ekspektasinya jadi motivasi supaya industrinya terus bergerak dan terbukti terus bertumbuh dan sangat terlihat pertumbuhannya dari jumlahnya, regenerasinya. Konsistensi ini harus terus dijalankan sebagai stimulan," kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI dalam konferensi pers pada Jumat (13/9). 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IMAA selalu melibatkan juri-juri yang berhubungan langsung dan punya latar belakang berbeda di industri perfilman Indonesia. Untuk IMAA 2024, nama-nama yang masuk sebagai jajaran dewan juri antara lain Robert Ronny (produser), Fajar Nugros (sutradara), dan Titien Wattimena (Penulis). Selain itu, ada pula sejumlah nama yang familiar di dunia perfilman seperti Marcella Zalianty, Lukman Sardi, Luna Maya, dan Vino G. Bastian. 

"Penjurian tiap tahunnya pasti menarik. Dengan adanya Nugros, Vino, Titien, Luna, diskusi (penjuriannya) jadi menarik, saking alotnya bisa sampai seharian karena kita bener peduli dan menganggap serius pekerjaan kita sebagai juri," kata Robert Ronny yang bertindak sebagai Ketua Dewan Juri. 

Dalam IMAA 2024, terdapat 78 film dari 29 Production House yang turut ikut serta di dalamnya. Film-film yang masuk nominasi merupakan film yang tayang dalam periode 1 September 2023 sampai dengan 31 Agustus 2024. 

Dengan kualitas yang dinilai makin membaik dari tahun-tahun sebelumnya, proses penjuriannya pun disebut semakin ketat. Bahkan, tak jarang dalam prosesnya ada adu argumentasi untuk menentukan yang terbaik. 

"Tahun ini lumayan memakan waktu panjang karena kami kebingungan dan kesulitan menentukan yang terbaik dari yang sudah terbaik. Jadi penilaiannya sangat detil dan spesifik. Mudah-mudahan ini meningkatkan kualitas ke depannya dan jadi motivasi di bidang keaktoran ini biar berwarna lagi ke depannya," ucap Luna Maya. 

"Setiap juri membawa kapasitasnya masing-masing, saling mengajukan argumen dari semua film dan itu sangat membanggakan. Ini nggak hanya prestisius, tapi juga spesifik karena mengkhususkan ke keaktoran," timpal Vino G. Bastian. 

Malam puncak IMAA 2024 akan disiarkan secara langsung di RCTI) pada Selasa 15 Oktober 2024 mulai pukul 21.00 WIB. Acaranya sendiri akan berlangsung di salah satu studio tercanggih dan termegah di Asia, yakni Studio RCTI+, di kawasan MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait