Respons Netflix Soal Cerita Squid Game Dituding Menjiplak Film India

Supriyanto | 19 September 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Netflix belum lama ini resmi mengumumkan serial survival game, Squid Game musim kedua bakal tayang perdana pada tanggal 26 Desember 2024 mendatang. Di tengah kehebohan menyambut musim kedua, Squid Game tiba-tiba diterpa drama. 

Sutradara Bollywood, Soham Shah menuding serial fenomenal asal Korea ini menjiplak film India garapannya berjudul Luck yang dirilis pada 2009.

Tuduhan tersebut dilayangkan oleh Soham Shah ke pengadilan federal di New York pada Jumat (13/9), dua bulan jelang Squid Game musim kedua tayang.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily pada Senin (16/9), Soham Shah mengklaim cerita Squid Game meniru plot inti dari filmnya.

Dalam Luck, sekelompok orang yang terlilit utang mengikuti serangkaian permainan untuk memenangkan uang, dan mereka yang kalah akan kehilangan nyawa.

"Plot utama, karakter, tema, mood, latar, dan kejadian dalam Squid Game sangat mirip dengan Luck. Sehingga, mustahil kemiripan itu hanya kebetulan belaka," ungkap Soham Shah.

Dalam gugatannya, Soham menuntut ganti rugi serta mendesak pengadilan untuk menghentikan Netflix menayangkan dan memasarkan Squid Game.

Lantas bagaimana respons Netflix?

"Klaim itu tidak berdasar," kata juru bicara Netflix. Raksasa streaming itu berjanji akan menanggapi dengan serius.

"Squid Game diciptakan dan ditulis oleh Hwang Dong-hyuk, dan kami bermaksud untuk membela masalah ini dengan tegas," jelas perwakilan Netflix.

Untuk diketahui, Hwang Dong-hyuk sudah menulis Squid Game sejak 2009. Jadi sebenarnya serial ini sudah lama digarap.

Hwang bahkan sempat menyusun Squid Game sebagai film, namun kemudian mengubahnya menjadi serial televisi setelah Netflix masuk ke Korea pada 2016. Jadi, Squid Game bukan sesuatu yang tiba-tiba muncul.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait